Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Adakan RAKORPIM Komite PC-PEN, Airlangga Sampaikan Beberapa Poin Yang Akan Dibahas

Pemulihan ekonomi di semua sektor menjadi perhatian pemerintah dengan tetap mengedepankan aspek kesehatan.

Adakan RAKORPIM Komite PC-PEN, Airlangga Sampaikan Beberapa Poin Yang Akan Dibahas
Istimewa
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia dan ketua Komite PC-PEN, Airlangga Hartarto saat sambutan di Rapat Koordinasi Pimpinan (RAKORPIM) Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) di Bintan, Jumat (25/9/2020) pagi. 

TRIBUNNEWS.COM - Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian Republik Indonesia mengadakan Rapat Koordinasi Pimpinan (RAKORPIM) Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) di Bintan, Jumat (25/9/2020) pagi.

Dalam sambutannya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia dan ketua Komite PC-PEN, Airlangga Hartarto mengatakan, meskipun memberikan dampak negatif ke berbagai sektor bisnis, pandemi Covid-19 harus menjadi momentum untuk merumuskan kembali transformasi ekonomi, salah satunya di bidang pariwisata.                 

“Pemulihan ekonomi di semua sektor menjadi perhatian pemerintah dengan tetap mengedepankan aspek kesehatan,” kata Airlangga.       

Menurut Airlangga, pariwisata merupakan salah satu sektor yang harus segera didorong untuk pemulihan. Sebab banyak ekonomi daerah menggantungkan diri pada sektor pariwisata.

“Untuk mendorong pemulihannya, pemerintah tengah mendorong beberapa strategi dan sejumlah program. Salah satunya, optimalisasi belanja pemerintah di sektor pariwisata dengan membuat event seperti pada RAKORPIM hari ini, yang kita lakukan untuk mendorong mulainya kegiatan wisata dan MICE di lokasi/ destinasi wisata seperti di Bintan ini,” tambahnya.

Ia juga menjelaskan, jika dilihat secara sektoral, sektor transportasi dan akomodasi/makanan/minuman di Indonesia mengalami kontraksi yang paling dalam sebesar -30,84% dan -22,02%.

Demikian pula secara regional, beberapa daerah seperti Bali dan Kepri yang sangat mengandalkan sektor pariwisata, telah mengalami kontraksi selama dua kuartal berturut-turut. Bali kontraksi sebesar -1,14% dan -10,98%, sedangkan Kepulauan Riau tumbuh 2,06% (kuartal I), namun kontraksi -6,66% (kuartal II).

“Keduanya mewakili sektor Kepariwisataan yang paling terpukul karena adanya pembatasan perjalanan dan menurunnya permintaan akibat penyebaran Covid-19 di seluruh dunia,” ujar Airlangga.

Airlangga dengan tegas mengatakan, Rakorpim kali ini bukan hanya membahas mengenai pemulihan di sektor pariwisata. Namun juga membahas dan memutuskan isu-isu strategis yang disampaikan dari masing-masing kementerian atau lembaga yang berkaitan dengan percepatan penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi nasional.

 “Dalam Rakorpim ini, kami kembali melakukan monitoring dan evaluasi atas capaian dan realisasi Program PC-PEN sebagaimana setiap satu pekan sekali (setiap Jumat sore) dilaksanakan Rapat Pleno oleh Komite,” katanya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas