Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Jakarta Terkini

Lengkap dan Transparan, Situs Penanganan COVID-19 di DKI Jakarta

Sebagai wujud keterbukaan informasi kepada publik dalam penanganan COVID-19, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat situs corona.jakarta.go.id

Lengkap dan Transparan, Situs Penanganan COVID-19 di DKI Jakarta
Ist
Tampilan situs situs penanganan COVID-19 corona.jakarta.go.id Pemrov DKI Jakarta. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebagai wujud keterbukaan informasi kepada publik dalam penanganan COVID-19, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat situs corona.jakarta.go.id. Pemprov DKI Jakarta menjadi pionir provinsi yang meluncurkan situs penanganan COVID-19 secara lengkap.

Melalui situs tersebut, masyarakat dapat mengakses berbagai informasi yang berkaitan dengan data COVID-19 di Jakarta, seperti kasus terkonfirmasi positif, kasus aktif, jumlah sembuh, jumlah meninggal, data suspek, dan kontak erat. Adapula data jumlah isolasi mandiri, jumlah pasien tanpa gejala, bergejala, dan belum diketahui.

"Seluruh data yang ada di situs corona.jakarta.go.id bersumber dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Kami membagi data menjadi beberapa fitur agar lebih mudah dibaca oleh publik," ungkap Kepala BLUD Jakarta Smart City Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, Yudhistira Nugraha, Jumat, (30/10/2020).

Sementara pada bagian data tes, terdapat data rapid diagnostic test dan tes PCR yang terbagi menjadi tes PCR orang kasus baru dan spesimen yang diperiksa. Dari setiap jumlah tes, terdapat informasi data total tes keseluruhan, data jumlah hasil tes reaktif dan non-reaktif untuk tes rapid, juga hasil positif dan negatif untuk tes PCR.

"Selain penyajian data jumlah tes, juga ditampilkan tabel positivity rate hasil lab COVID-19. Sehingga, publik bisa melihat datanya secara menyeluruh," katanya.

Tidak hanya itu, situs web ini juga memiliki data pemakaman jenazah umum dan pemakaman dengan protap penanganan COVID-19.

Untuk memudahkan dalam membaca data, situs tersebut dilengkapi visualisasi. Hal ini bersifat sebagai pelengkap dari data COVID-19 yang dirilis oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

Adapun data-data yang divisualisasikan, antara lain data penindakan pelanggaran perusahaan, penindakan pelanggaran oleh Satpol PP, Cepat Respons Masyarakat (CRM) atas pelanggaran PSBB, kualitas udara Jakarta, CRM terkait COVID-19, dampak COVID-19, dan grafis jaringan penularan COVID-19.

"Selain data visualisasi, juga terdapat peta kasus, peta kronologis, peta persebaran, dan peta zona pengendalian," imbuhnya.

Tak hanya mudah diakses dan dibaca, berbagai data dan informasi yang termuat di situs corona.jakarta.go.id dapat dijadikan sebagai data penelitian. Jakarta Smart City telah melakukan penelitian berbasis data COVID-19 di Jakarta berdasarkan situs tersebut dan menghasilkan publikasi di jurnal penelitian internasional.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas