Tribun

Mengenal Lebih Dekat 22 Tokoh Betawi yang Namanya Diabadikan Jadi Nama Jalan

Sejumlah nama jalan di Jakarta telah resmi diganti, mari mengenal lebih dekat 22 tokoh Betawi yang namanya diabadikan tersebut.

Editor: Content Writer
zoom-in Mengenal Lebih Dekat 22 Tokoh Betawi yang Namanya Diabadikan Jadi Nama Jalan
TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci
Jalan H. Bokir bin Dji’un dijadikan sebagai nama jalan untuk sebagian ruas Jalan Raya Pondok Gede, Jakarta Timur. 

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Sejumlah nama jalan di Jakarta telah resmi diganti dengan nama-nama tokoh Betawi

Berlangsung di Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan Jakarta Selatan, pergantian nama jalan, gedung dan zona ini diresmikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pada Senin (20/6/2022) lalu. Sekiranya ada 22 nama jalan yang diganti, dua gedung dan sejumlah zona.

Ketua Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB), Becky Mardani mengapresiasi kebijakan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengganti 22 nama jalan di Ibu Kota dengan nama tokoh Betawi. Berkat jasa-jasa para tokoh tersebut, kebudayaan Betawi pun bisa dikenal luas dan masih bertahan hingga saat ini. 

"Mereka bukan orang sembarangan, mereka punya kiprah, mereka punya jejak dalam membangun Jakarta sesuai bidang keahliannya masing-masing," ujarnya saat dihubungi TribunJakarta.com, Kamis (30/6/2022). 

Lalu, siapa saja tokoh Betawi yang namanya diabadikan menjadi nama jalan? Yuk, simak di sini: 

Jakarta Pusat

1. Tino Sidin: Tokoh seni lukis dan pendidikan melukis/menggambar anak yang terkenal karena mengisi program TV di TVRI, juga dikenal pada era revolusi kemerdekaan berperan dalam militer, sehingga namanya diabadikan sebagai nama jalan di Jalan Cikini VII. 

2. Mahbub Djunaidi: Tokoh yang dikenal sebagai ketua umum pertama Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), juga dikenal sebagai wartawan, sastrawan, kolumnis, agamawan dan politikus, sehingga namanya diabadikan sebagai nama jalan di Jalan Srikaya, sekitar Kebon Sirih. 

3. ​Raden Ismail: Kemenakan dari pahlawan nasional MH Thamrin yang aktif di dunia seni peran yang pernah berkeliling hingga ke Singapura, Malaya dan Thailand bersama grup opera dan dikenal sebagai aktor Betawi era 1950-an, sehingga namanya diabadikan sebagai nama jalan di Jalan Buntu. 

4. ​A. Hamid Arief: Aktor Indonesia yang aktif pada era tahun 1950-1980-an, sehingga namanya diabadikan sebagai nama jalan di Jalan Tanah Tinggi 1 Gang 5. 

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas