Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Begini Memilih Batik Disesuaikan Bentuk Tubuh dan Warna Kulit

Beginilah tips memilih baju batik sesuai warna kulit dan bentuk tubuh.

Penulis: Daniel Ngantung
Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Begini Memilih Batik Disesuaikan Bentuk Tubuh dan Warna Kulit
Tribunnews.com/ Daniel Ngantung
Reni Kusumawardhani (berbaju kuning) sedang menjelaskan busana batik saat acara peluncuran buku terbarunya How to Wear Batik di Museum Tekstil, Jakarta, Jumat (8/2/2013). 

Laporan Wartawan Tribun Jakarta,
Daniel Ngantung

TRIBUNNEWS.COM
Seiring waktu berjalan, batik kian diapresiasi oleh masyarakat di negeri sendiri. Salah satu hasil seni wastra yang dulunya sempat ditinggalkan ini, kini kembali eksis.

Maraknya orang Indonesia, tak terkecuali warga negara asing, yang mengenakan batik sebagai pakaian untuk aktivitas sehari-hari, tak hanya sebagai busana pesta saja, adalah salah satu buktinya.

Busana berbahankan kain batik pun marak bermunculan dalam ragam motif dan model yang tentunya juga disesuaikan dengan tren mode Tanah Air dan dunia.

Para konsumen pun dihadapkan dengan banyak pilihan. Tak ayal, konsumen dibuat bingung dalam memilih batik baik sesuai karakter tubuh maupun keperluannya.

Reni Kusumawardhani, dalam buku terbarunya "How to Wear Batik" terbitan Gramedia Pustaka Utama, ingin memberikan solusinya.

Kepada TRIBUNnews.com, penulis buku "Gaya Hijau dengan Tie Dye Pashmina" dan "Updo - 24 Simple Hairstyle" itu berbagi kiat memilih batik sesuai bentuk tubuh dan profesi si pemakai.

BERITA TERKAIT

Bagi perempuan berbadan gemuk yang kurang percaya diri sengan bentuk tubuhnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

"Pilih busana yang motif batiknya mikro, rapat-rapat atau kecil-kecil. Kalau motif besar akan membuat tubuh terlihat lebih gemuk. Motif truntum bisa jadi pilihan," ujarnya saat acara peluncuran bukunya tersebut di Museum Tekstil, Jakarta, Jumat (8/2/2013).

Soal warna pun perlu diperhatikan. Reni menyarankan mengenakam batik berwarna dalam atau gelap.

Warna kulit bisa jadi bahan pertimbangan juga. Menurut Reni, ada dua jenis warna yang perlu pemakai ketahui sebelum memilih warna yang pas, yaitu warna dingin dan hangat.

Warna dingin terdiri dari warna-warna keluarga biru seperti ungu dan pink. Sedangkan warna hangat terdiri dari oranye, kuning, pitch dan cokelat tanah.

"Bila warna kulit pemakai terlihat lebih cerah saat mengenakan warna biru, berarti dia cocok dengan warna dingin. Kalau warna oranye, berarti warna hangat," katanya.

Hal lainnya adalah soal okasi, untuk keperluan apa busana batik dipakai,  misal sebagai busana kerja.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas