Tribun Lifestyle

Akupuntur Rambut Atasi Kerontokan

Akupunktur untuk mengatasi rambut rontok. Benarkah cara ini efektif? Yuk ikuti ulasannya berikut ini.

Editor: Anita K Wardhani
Akupuntur Rambut Atasi Kerontokan
net

TRIBUNNEWS.COM - Akupunktur untuk mengatasi rambut rontok. Benarkah cara ini efektif? Yuk ikuti ulasannya berikut ini.

Rambut rontok yang berujung pada kebotakan bisa dialami siapa saja, berapa pun usianya. Pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat serta penggunaan produk perawatan rambut yang tidak tepat disinyalir sebagai penyebab uama mengapa rambut mengalami kerontokan.

Secara umum rambut rontok dapat dibedakan menjadi dua, yakni hair fall dimana rambut rontok bisa dihitung secara kasat mata, dan hair loss yaitu kondisi rambut menipis tanpa ada kerontokan yang berlebihan.

Manfaat Akupunktur Rambut

Akupunktur rambut merupakan salah satu metode yang diminati. Mengapa? Karena akupunktur rambut lebih alami, nyaris tanpa efek samping. Dengan akupunktur, peredaran darah akan lancar dan hormon menjadi seimbang, karena mampu menyerap nutrisi dengan baik.

Perawatan dengan jarum akupunktur biasanya lebih berhasil karena merangsang saraf-saraf kepala dan organ ginjal untuk bekerja seperti semula dan langsung ke sumbernya, yaitu Qi (Chi).

Alat yang digunakan dalam proses ini adalah jarum prisma, elektro dan alat TDP atau infrared, yang berfungsi merangsang meridian kepala dan organ ginjal yang terletak di kaki. Sebelum mulai, terlebih dahulu dilakukan konsultasi riwayat keluhan rambut. Setelah itu dilakukan penusukan jarum di area kepala dan kaki, dipasangi kabel ke alat elektro (disebut elektropunktur) dan diberikan pemanasan menggunakan alat TDP atau infrared. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit.

Setelah 6 kali terapi, hasilnya mulai tampak, seperti rambut semakin banyak tumbuh. Diperlukan 2 kali terapi dalam seminggu. Sampai hasil maksimal yang diinginkan diperlukan sekitar 12 kali bahkan 36 kali terapi. Kisaran biayanya beragam antara Rp250.000 sampai Rp500.000, tergantung kondisi, keluhan rambut, dan banyaknya jumlah jarum yang digunakan.

Bagaimana Cara Kerjanya?
Akupunktur bekerja merangsang saraf kulit kepala untuk melancarkan aliran darah serta menguatkan akar rambut yang menggumpal di bawahnya dan meridian-meridian area kepala yang dilalui oleh meridian organ kandung kemih, kandung empedu. Dengan lancarnya Qi (Chi) meridian akan membuka sumbatan-sumbatan yang dapat membantu kesuburan rambut dan keluhan lainnya.

Sumber: Tabloidnova.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas