Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Batasi atau Stop Pengharum Ruangan, Gunakan Wewangi dari Tumbuhan Alami Ini

Batasi, kalau perlu stop pengharum ruangan berbahan kimia. Gunakan semerbak alami tumbuh-tumbuhan.

Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Batasi atau Stop Pengharum Ruangan, Gunakan Wewangi dari Tumbuhan Alami Ini
scholarcenter
Bunga lavender, pengharum alami. 

TRIBUNNEWS.COM - Memberi keharuman pada rumah tak melulu harus menggunakan bahan kimia yang banyak dijual dipasaran. Tanaman pun bisa memberikan aroma alaminya.

Selain itu, memelihara tanaman juga dapat meningkatkan kualitas udara di dalam rumah, termasuk menyehatkan penghuninya.

Ini dia, 4 aroma tanaman yang bisa berfungsi sebagai wewangian alami rumah Anda.




 1. Terapi Aroma

Layaknya terapi aroma yang dilakukan untuk membawa pikiran ke arah yang kita inginkan, misalnya membangkitkan semangat atau menenangkan, wewangian dari tanaman juga memiliki manfaat yang serupa.

Tentu efek yang ditimbulkan lebih samar, karena bau-bauan ini masih alami dan belum diambil ekstraknya seperti pada minyak terapi aroma. Pada sebuah taman yang dirancang sebagai tempat beristirahat, bau-bauan menenangkan dari tanaman membuat relaksasi lebih optimal.

2. Membawa Kenangan

BERITA TERKAIT

Wewangian yang memengaruhi kerja otak mampu membawa pikiran membuka kembali ingatan yang telah lewat. Sering dijumpai, orang teringat seseorang atau sebuah peristiwa karena mencium bau-bauan tertentu.

Jika ada bau yang mengingatkan kita akan peristiwa membahagiakan, mengapa tidak menghadirkan kembali lewat bau-bauan tersebut di rumah?

Misalnya menanam melati yang membawa kenangan saat menikah, atau aroma kayu putih yang mengingatkan kita saat berlibur ke Australia.

3. Menghalau Serangga

Beberapa jenis tanaman tertentu mampu menghalau serangga karena aroma yang ditimbulkannya. Lavender, zodia, serta sereh merupakan contoh tanaman yang dapat mengusir nyamuk.

Sebaliknya, aroma tanaman lain membuat hewan mendekat. Kupu-kupu malam, alias ngengat, tertarik dengan bunga yang harum. Sementara sebagian orang mengkhawatirkan hal ini, sebenarnya kedatangan ngengat justru menguntungkan bagi taman. Ia membantu penyerbukan bunga.

4. Rempah dan Bumbu

Sejak dulu, harumnya tanaman dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Rempah-rempah yang berharga ini dapat ditanam juga di taman mungil kita di rumah. Selain aromanya mengharumkan sekitar taman, kita dapat memanen rempah ini untuk kebutuhan sendiri. Coba tanam sereh, kemangi, pandan wangi, serta rosemary, yang daunnya harum.

( SATYA NITA PRATAMA )

Sumber: Tabloid Rumah
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas