Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Tempat Tinggal Tak Pengaruhi Kebahagiaan Anak Muda

Penelitian menunjukkan, usia 20-an adalah masa paling membahagiakan dalam hidup seseorang.

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Tempat Tinggal Tak Pengaruhi Kebahagiaan Anak Muda
IST

TRIBUNNEWS.COM – Tak heran jika banyak orang ingin kembali ke masa muda. Penelitian menunjukkan, usia 20-an adalah masa paling membahagiakan dalam hidup seseorang.

Setiap tahapan usia seseorang memang memiliki tantangannya masing-masing. Tetapi di usia 20-an kebanyakan orang masih merasakan kebebasan, masih mencoba-coba segala hal, entah itu dalam karier, asmara, hingga gaya hidup.

"Kepuasan hidup terus menurun dimulai dari awal 20-an, lalu datar sekitar usia 40-an, dan meningkat lagi saat seseorang berusia 65 tahun," kata Dr.Iona Ramia dari University of New South Wales, Australia, yang melakukan studi ini.

Ramia menjelaskan, kepuasan dalam hidup memang terus berubah seiring usia. Ia lalu melakukan penelitian untuk mengetahui faktor apa yang menyebabkan kepuasan hidup tersebut.

Secara umum tingkat kepuasan hidup memiliki kurva huruf "U" dengan puncaknya ada di udia 15-24 tahun dan lebih dari 75 tahun.

Menurut Ramia, pada pasangan, kepuasan terbesar mereka adalah sebelum memiliki anak pertama dan kembali naik saat anak berusia 6 tahun. Kemudian grafik kebahagiaan itu mendatar.

Grafik yang mendatar itu memiliki korelasi yang kuat dengan pekerjaan dan situasi finansial. Ini adalah tahap kehidupan di mana uang dan pekerjaan dianggap sangat penting.

BERITA TERKAIT

Tempat tinggal dianggap memiliki pengaruh yang tidak terlalu besar dalam kebahagiaan orang muda. Walau kebanyakan orang yang disurvei menjawab mereka lebih suka tinggal dekat tempat kerja, tempat hiburan, dan teman-teman.

Keamanan juga menjadi aspek penting dalam kebahagiaan seseorang, terutama keamanan kesehatan. Di usia 30-an biasanya seseorang mulai sadar mereka bisa terkena penyakit dan tidak sekuat sebelumnya.

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas