Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Lima Hal yang Bikin Kita Sering Merasa Haus

Hampir 60 persen rata-rata tubuh kita terdiri dari air. Tak heran kalau kita perlu mengonsumsi air sepanjang waktu tiap harinya.

Editor: Sugiyarto
zoom-in Lima Hal yang Bikin Kita Sering Merasa Haus
Thinkstockphotos
Ilustrasi. 

TRIBUNNEWS.COM - Hampir 60 persen rata-rata tubuh kita terdiri dari air. Tak heran kalau kita perlu mengonsumsi air sepanjang waktu tiap harinya.

Tapi, pernakah Anda merasa kehausan sepanjang hari? Nah, selidik punya selidik ternyata hal itu bisa disebabkan oleh beberapa hal. Berikut selengkapnya:

1. Terlalu banyak mengonsumsi garam




Garam dapat menarik air dari sel-sel tubuh kita, serta mengurangi kekuatan tubuh untuk menghemat air.

Lalu, tubuh akan mengirim sinyal haus ke otak ketika berkurangnya kadar air di sel-sel tubuh kita. Nah, hal inilah yang membuat kita merasa haus.

2. Olahraga di pagi hari

“Anda akan memerlukan minum lebih ketika tubuh Anda berkeringat,” ujar Peter Mayock, MD, direktur medis di West Town Adult Clinic of the Eric Family Health Center di Chicago.

BERITA TERKAIT

Ketika kita berolahraga tubuh akan kehilangan cairan melalui keringat. Nah, hal ini bisa menyebabkan dehidrasi kalau kita tidak mengganti cairan yang telah keluar.

Menurut Mayock, tak ada rumus untuk mengetahui berapa banyak air yang perlu kita minum. Ia hanya menyarankan kalau kita perlu “mendengarkan” tubuh kita sendiri.

3. Berada di luar ruangan terlalu lama

Kalau kita banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, entah itu di taman, pantai, atau halaman, jangan heran bila kita merasa kehausan. Soalnya, paparan sinar matahari yang amat panas bisa membuat kita dehidrasi.

Nah, alangkah lebih baik kalau kita membawa botol minum bila banyak menghabiskan waktu di luar rumah. Tujuannya jelas, untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

4. Xerostomia

Menurut Mayock, terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan xerostomia. Xerostomia merupakan kondisi mulut yang terasa kering. Mulut yang kering ini biasanya juga dibarengi dengan produksi air liur yang minim.

Nah, tubuh kita akan membutuhkan cairan lebih ketika kelenjar ludah dalam mulut tidak cukup memproduksi air liur. Itulah sebabnya mengapa kita akan merasa kehausan bila memiliki kondisi mulut yang kering.

5. Anemia
Kita tentu tahu kalau tubuh bergantung pada sel-sel darah yang sehat untuk membawa darah ke seluruh tubuh.

Namun, anemia ringan bisa menyebabkan rasa haus berelebihan pada tubuh. Rasa kehausan ini akan semakin menjadi bila kondisi anemia kita makin memburuk. (Rd.com)

Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas