Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Trik Efektif Hemat Listrik Ini Bisa Bikin Kantong Aman Tiap Bulan. Mau Coba?

Tidak ada salahnya bila Anda mulai membiasakan diri untuk lebih hemat dan cermat dalam mengonsumsi daya listrik.

Editor: Content Writer

Anda mungkin satu dari banyak orang yang cukup gusar mendengar rencana kenaikan tarif listrik. Hal yang wajar mengingat listrik merupakan salah satu kebutuhan pokok semua kalangan masyarakat.

Kenaikan tarif listrik berarti semakin besar alokasi penghasilan yang perlu Anda keluarkan untuk menutup kebutuhan sumber energi listrik.

Semoga saja rencana kenaikan listrik itu tidak sampai terealisasi. Kendati begitu, tidak ada salahnya bila Anda mulai membiasakan diri untuk lebih hemat dan cermat dalam mengonsumsi daya listrik.




Dengan begitu, ketika kelak tarif listrik naik, Anda tidak perlu kaget lagi menyesuaikan gaya hidup.

Bagaimana trik menghemat pengeluaran listrik yang efektif? Simak trik penting dari HaloMoney.co.id berikut ini:

1. Selalu matikan lampu yang sudah tidak digunakan

Ini tips sederhana namun banyak diremehkan orang.  Ketika malam telah tiba dan saatnya beristirahat, lampu rumah masih terang benderang. 

BERITA TERKAIT

Sebagai cara menghemat listrik, biasakan mematikan lampu ketika malam tiba dan sisakan beberapa saja penerangan yang penting.

Misalnya, lampu teras, lampu dapur, dan lain-lain. Jangan lupa pula untuk selalu mematikan lampu ketika keluar dari ruangan, seperti lampu kamar mandi begitu selesai hajat.

2. Cabut steker listrik dari terminal setelah tidak terpakai

Membiarkan colokan listrik menancap terus menerus di terminal, bukan cuma berisiko merusak peralatan elektronik. Steker listrik yang terus tertancap juga mengonsumsi listrik terus menerus selama Anda biarkan terpasang.

Sebagai gambaran, kabel laptop yang terpasang di terminal, akan mengonsumsi listrik sekitar 50 watt per jam. Sedangkan komputer meja atau desktop memakan listrik sekitar 20 watt per jam.

Begitu juga charger ponsel, memakan kurang lebih 1 watt per jam. Belum lagi steker televisi yang bisa menghabiskan listrik sampai 15 watt per jam. Modem internet juga bisa menjadi “vampir listrik” sebesar 4 watt per jam. Banyak juga, kan?

3. Ganti lampu biasa dengan LED

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas