Tribun Lifestyle

Tips Cantik

Mau Make Up Nempel Lebih Lama dan Tak Mudah Luntur? Yuk Ikuti Trik Ala MUA

Tampil cantik dan menawan dalam tiap kesempatan merupakan hal yang didambakan oleh tiap wanita, termasuk kaum hawa yang tinggal di ibukota.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Mau Make Up Nempel Lebih Lama dan Tak Mudah Luntur? Yuk Ikuti Trik Ala MUA
Tribun Timur/Muhammad Abdiwan
Ilustrasi make up 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tampil cantik dan menawan dalam tiap kesempatan merupakan hal yang didambakan oleh tiap wanita, termasuk kaum hawa yang tinggal di ibukota.

Namun cuaca di Indonesia, terutama di Jakarta yang kini tidak menentu, membuat banyak wanita merasa khawatir riasan wajah mereka akan luntur atau tidak bertahan lama.

Nah, untuk menyiasati permasalahan tersebut, Make Up Artist (MUA) profesional Philipe Karunia pun membocorkan tipsnya.

Ditemui disela rangkaian acara yang dihelat pada pekan mode tahunan bergengsi Jakarta Fashion Week (JFW) 2019, ia mengatakan bahwa salah satu penunjang agar make up tahan lama adalah moisturizer atau primer.

Penggunaan tersebut diyakini bisa membuat make up bisa menempel lebih lama pada wajah anda.

"Sebetulnya kalau mau make up tahan lama ya, satu, moisturizer, primer nggak boleh ketinggalan, itu utama karena membuat kulit kita menjadi bagus, nempel dan tahan lama," ujar Philipe, saat ditemui di Main Atrium Senayan City, Jakarta Selatan, Rabu (24/10/2018).

Baca: Demi Nelayan Palu dan Donggala, Menteri Susi Pudjiastuti Rela Berjalan Anggun di Catwalk di JFW 2019

Namun karena banyak wanita yang tidak terlalu mahir dalam mengaplikasikan make up yang benar pada wajah mereka, maka biasanya mereka akan menggunakan jasa Make Up Artist (MUA).

Selain itu penggunaan primer dalam komposisi lebih banyak bukan tanpa alasan, biasanya MUA sengaja membuat layer pada wajah kliennya untuk mempersiapkan kondisi kulit tersebut.

Hal itu karena kondisi kulit tiap orang tentunya berbeda, sehingga moisturizer atau primer diyakini mampu membuat kulit bisa menyesuaikan dengan cuaca yang ada.

Baca: 11 Trik Agar Make Up Tahan Lama Meski Cuaca Sedang Panas-panasnya

"Itu yang buat kenapa kadang mereka butuh jasa MUA, kenapa primernya banyak banget, karena kita membuat layer seperti buat mempersiapkan kondisi kulit, jadi mau kulit di tempat panas, dingin, dia akan stabil," jelas Philipe.

Oleh karena itu, moisturizer dan primer dianggap sebagai benda wajib sebelum memulai riasan pada wajah.

mua philip
Make Up Artist profesional Philipe Karunia, saat ditemui dalam acara yang digelar di pekan mode tahunan bergengsi Jakarta Fashion Week 2019, di Main Atrium Senayan City, Jakarta Selatan, Rabu (24/10/2018).

Nah setelah selesai mengaplikasikannya, kata Philipe, bisa dilanjutkan dengan penggunaan spray wajah serta bedak sebagai lapisan selanjutnya.

"Makanya ditekankan gunakan moisturizer dan primer untuk make up yang tahan lama, setelah itu setting spray, bedak penunjang," kata Philipe.

Ia kemudian menekankan, sebelum memulai riasan wajah, sebaiknya diawali terlebih dahulu dengan perawatan kulit wajah agar bisa sehat dan bagus.

"Yang penting gimana (caranya agar kulitnya) bagus, kalau kulitnya nggak (bagus), ya dibagusin dulu," tegas Philipe.

Sehingga jika kondisi kulit sudah sehat, maka produk apapun yang diaplikasikan pada wajah, akan terlihat bagus.

Philipe kembali menegaskan bahwa perawatan kulit wajah merupakan dasar yang sangat bagus sebelum memulai riasan.

"Intinya bagusin dulu kulitnya, kalau udah bagus, dikasih produk apapun akan tetap bagus, basenya dulu," pungkas Philipe.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas