Tribun Lifestyle

Bagaimana Meningkatkan Perkembangan Otak Bayi saat Dalam Kandungan?

Beberapa perkembangan terjadi selama kehamilan dan perkembangan otak bayi terus tumbuh bahkan setelah lahir.

Editor: Willem Jonata
zoom-in Bagaimana Meningkatkan Perkembangan Otak Bayi saat Dalam Kandungan?
SHUTTERSTOCK
Tidur sangat penting untuk merangsang tumbuh kembang otak bayi. 

TRIBUNNEWS.COM - Perkembangan otak bayi adalah aspek penting dalam pertumbuhan janin. Banyak orangtua bertanya-tanya, kapan perkembangan otak bayi selama dalam kandungan.

Beberapa perkembangan terjadi selama kehamilan dan perkembangan otak bayi terus tumbuh bahkan setelah lahir.

Berikut tahapan perkembangan otak bayi dalam kandungan:

1. Trimester pertama

Dalam beberapa minggu setelah konsepsi, saraf janin sudah terbentuk. Lalu berevolusi menjadi tabung saraf yang menjadi tempat pengembangan masa depan otak.

Bersamaan dengan itu, sel-sel saraf kecil berjalan melintasi embrio dan meletakkan jalur awal untuk saraf. Hal ini menimbulkan gerakan awal bayi di dalam kandungan. 

2. Trimester kedua

Trimester kedua dimulai dengan pengembangan pola pernapasan serta berbagai impuls mengisap. Perlahan-lahan dan mantap, tendangan dan pukulan akan mulai terjadi sebagai kontrol motorik secara bertahap.

Saraf dilindungi oleh myelin yang menyebabkan komunikasi diatur dengan cepat dan berwujud dalam bentuk mata berkedip dan denyut jantung yang cepat.

3. Trimester ketiga

Pada tahap akhir, jaringan saraf mencapai penyelesaian dan berat otak mulai meningkat dengan cepat. Lipatan di jaringan mulai terbentuk dan peningkatan kontrol motorik mencapai puncaknya.

Sementara otak besar mendekati ukuran yang baik, fungsi sebenarnya dimulai hanya saat bayi keluar ke dunia, dipicu oleh stimulus lingkungan.

Yang jadi pertanyaan, bagaimana cara meningkatkan perkembangan otak bayi selama kehamilan?

Untuk memastikan bayi yang sehat dan cerdas, ada beberapa makanan yang harus Anda konsumsi selama hamil. Ini penting karena akan membantu memastikan Si Kecil mendapatkan nutrisi untuk perkembangan otak.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas