Tribun Lifestyle
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pentingnya Menjaga Kebugaran di Masa Pandemi

Di masa pendemi Covid-19, kebutuhan menjaga kebugaran justru semakin penting, terlebih bagi orang cenderung lebih banyak diam di rumah.

Pentingnya Menjaga Kebugaran di Masa Pandemi
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Sejumlah anak berolahraga bersama di kompleks Rancamanyar Regency 1, Desa Rancamanyar, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (1/7/2020). Kegiatan olahraga pagi ini rutin dilakukan sejumlah anak-anak dibimbing salah seorang orang tua di kompleks tersebut dengan tujuan untuk menjaga kesehatan dan imun tubuh di saat libur panjang sekolah akibat pandemi Covid-19. Tribun Jabar/Gani Kurniawan 

TRIBUNEWS.COM, JAKARTA - Di masa pendemi Covid-19, kebutuhan menjaga kebugaran justru semakin penting, terlebih bagi orang cenderung lebih banyak diam di rumah.

Untuk itu, di masa new normal ini sudah saatnya bangkit melatih kebugaran fisik.

Dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi Siloam Hospitals Balikpapan dr Stephanie Theodora Sp.KFR mengatakan, menjaga kebugaran tubuh sangat penting di masa pandemi.

Mengingat hingga saat ini vaksin untuk virus ini masih belum ditemukan.

Bahkan, selain menjaga kebugaran, olahraga bermanfaat guna menjaga penuaan sel pada tubuh dan peningkatan imun.

Baca: 6 Perlengkapan Wajib Agar Aman Bersepeda, Helm, Kacamata hingga Lampu Sepeda

Kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari secara maksimal. Membutuhkan daya tahan, fleksibilitas, dan kekuatan.

Olahraga yang aman dilakukan saat hamil
Olahraga yang aman dilakukan saat hamil (freepik)

“Bugar ini berarti masih memiliki tenaga cadangan untuk melakukan kegiatan tambahan,” ungkap dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi Siloam Hospitals Balikpapan dr Stephanie Theodora SpKFRdi sela webinar Health Talk Siloam Hospitals Balikpapan, Kamis (16/7/2020).

Menurut dr Stephanie, manfaat latihan fisik adalah mampu membuat kadar hormon stress menurun, endorfin atau hormon senang meningkat, aliran darah dan getah bening meningkatkan di semua tempat termasuk di jantung, otak, ginjal, dan lainnya sehingga secara langsung akan mempengaruhi kinerja metabolisme dalam tubuh.

Baca: Pentingnya Pemanasan Sebelum Bersepeda

Tidak hanya itu, latihan fisik juga akan memperlambat proses penuaan karena lancarnya aliran darah dan metabolisme yang bekerja dengan baik saat latihan fisik.

“Terakhir, manfaat latihan fisik adalah mencegah kelemahan otot, baik otot jantung maupun organ lainnya di seluruh tubuh,” pungkasnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Willem Jonata
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas