Tribun Lifestyle

Usaha Kuliner Rumahan Bertahan dan Tumbuh Saat Pandemi Covid-19

Munculnya berbagai usaha kuliner rumahan di tengah pandemi Covid-19 patut diapresiasi sebagai bentuk kreativitas dan upaya perbaiki kondisi ekonomi.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willem Jonata
Usaha Kuliner Rumahan Bertahan dan Tumbuh Saat Pandemi Covid-19
istimewa
Kuliner rumahan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Munculnya berbagai usaha kuliner rumahan di tengah pandemi Covid-19 patut diapresiasi sebagai bentuk kreativitas dan upaya memperbaiki kondisi perekonomian.

Noveri Maulana, praktisi marketing mengatakan, tren Work From Home (WFH) dan School From Home (SFH) membuat kebutuhan konsumsi masyarakat di rumah tangga turut meningkat.

"Tak mengherankan kebutuhan akan jenis makanan yang bisa diakses dari rumah juga akan semakin meningkat," kata Noveri Maulana melalui keterangan pers, Rabu (23/9/2020).

Dosen Kewirausahaan di PPM School of Management ini mengatakan, sampai setahun ke depan, orang masih belum sepenuhnya normal untuk dine in atau nongkrong di restoran.

Baca: Sate Kelinci dan 4 Kuliner di Tawangmangu yang Wajib Dicoba

Noveri mengingatkan, masakan rumahan olahan sendiri juga bisa membosankan sehingga pedagang perlu mengeluarkan jenis variasi produk kuliner yang bisa delivery ke rumah.

"Di sinilah bisnis kuliner rumahan bisa memberikan peluang untuk mereka yang mau mencoba peruntungan sebagai entrepreneur,” ujar Noveri.

Baca: Mencoba Lezatnya Nasi Gudeg Yogya Bu Hani, Kuliner Legendaris di Jakarta Selatan

Noveri menambahkan, wirausaha yang baru merintis disarankan banyak belajar dari ahlinya.

Pintaria sebagai platform penyedia kursus Prakerja, memberikan berbagai jenis kursus online yang berkaitan dengan usaha kuliner yang dibimbing langsung oleh lembaga pelatihan yang terdaftar.

"Tentunya dengan pengajar profesional yang tidak hanya memberikan teknik membuat berbagai makanan, tapi juga bagaimana tips menjualnya," kata Sally Dewi, Head of Training Product Pintaria.

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas