Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Lifestyle
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Perajin Batik Dituntut Beradaptasi dengan Perkembangan Mode dan Zaman

Potensi daerah untuk kerajinan batik sangat besar namun perlu adanya inovasi agar pasar batik terus tumbuh dan bergairah

Perajin Batik Dituntut Beradaptasi dengan Perkembangan Mode dan Zaman
ist
Eva Noor 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Batik adalah warisan budaya nasional yang telah diakui dunia sejak 2009 sehingga perlu perhatian khusus agar batik seluruh nusantara dapat terekspose.

Potensi daerah untuk kerajinan batik sangat besar namun perlu adanya inovasi agar pasar batik terus tumbuh dan bergairah.

"Dari sisi seni, batik dasarnya mengakar pada budaya nasional Indonesia namun begitu perajin batikpun dituntut dapat beradaptasi dengan perkembangan mode dan zaman,"  kata owner Batik Batik Menoor,  Eva Noor dalam keterangannya, Kamis (18/2/2021).

Dikatakannya, dari sisi teknik industri batikpun harus juga mengikuti perkembangan zaman.

Seperti proses digitalisasi yang dapat disosialisasikan merata ke seluruh sentra industri yang ada di beberapa daerah, agar mereka bisa memiliki akses terhadap pengetahuan,teknologi , pembiayaan dan pasar.

Batik Menoor berusaha membantu perajin batik dalam sisi pasar, serta bekerja sama pada instansi dan pihak terkait, agar pengrajin daerah pun memiliki akses pembiayaan, pengetahuan dan teknologi nya dalam pengembangan usaha batik.

Baca juga: Penampakan Ular Sebesar Pohon di Pintu Air Karet, Berikut Video dan Penjelasan Soal Sanca Batik

"Sesuai visi misi Batik Menoor kedepan  mencoba memberi sumbangsih yang lebih baik pada pengrajin serta membuka peluang pasar secara global dalam peningkatan ekonomi daerah," katanya.

Agar visi misi bisa tercapai, kata Noor, pihaknya akan membuat program pemberdayaan perempuan khusus pada pengrajin batik ditiap daerah, agar tercipta desain khas daerah masing masing yang nantinya dapat dipasarkan didalam dan diluar negeri terutama pada daerah yang masih sedikit pengrajin batiknya. 

Batalkan Acara 

Sebenarnya Batik Menoor mengundang figur wanita yang dianggap cukup berhasil dari berbagai kalangan dan concern pada perkembangan dan perdayaan perempuan Indonesia.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas