Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Tips Kelola Stres Ala Sekjen Kementerian Kesehatan

Mengelola kesehatan mental dan fisik saat ini dianggap sangat penting untuk menghindari stres di masa pandemi covid-19.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Willem Jonata
zoom-in Tips Kelola Stres Ala Sekjen Kementerian Kesehatan
Tribunnews.com/ Fitri Wulandari
Sekjen Kementerian Kesehatan Oscar Primadi saat talkshow live Instagram @radiokesehatan, Selasa (23/2/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mengelola kesehatan mental dan fisik saat ini dianggap sangat penting untuk menghindari stres di masa pandemi Covid-19.

Seperti dilakukan Sekjen Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Oscar Primadi yang menilai asupan gizi yang seimbang sangat penting dalam upayanya mengelola stres pada situasi tersebut.

"Ya stres memang bisa dihindari, tentunya kalau ditanya mana yang penting (asupan gizi atau olah raga) sama-sama penting ya. Asupan gizi sangat penting, pengelolaan stress sangat penting," ujar Oscar, dalam talkshow live Instagram @radiokesehatan, Selasa (23/2/2021).

Terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19, dirinya harus terbiasa dengan perubahan pola kerja yang tidak seperti kehidupan normal sebelum memasuki masa pandemi.

Baca juga: Anak Susah Makan Sayur, Simak Tips dari Dokter Spesialis Gizi

Penyesuaian diri perlu dilakukan untuk menghadapi perubahan ini.

Sekjen Kementerian Kesehatan Oscar Primadi saat talkshow live Instagram @radiokesehatan, Selasa (23/2/2021).
Sekjen Kementerian Kesehatan Oscar Primadi saat talkshow live Instagram @radiokesehatan, Selasa (23/2/2021). (Tribunnews.com/ Fitri Wulandari)

"Apalagi di tengah pandemi seperti ini, kita dibebani pekerjaan yang tidak biasa dalam konteks kenormalan hidup kita ya. Kita berubah, tetapi perubahan itu sekali lagi membutuhkan adaptasi, membutuhkan penyesuaian," jelas Oscar.

BERITA TERKAIT

Oscar mengakui bahwa banyak hal maupun kebiasaan yang berubah dan terkadang tidak bisa diterima, hal inilah yang akhirnya bisa memicu timbulnya stress.

Namun dibalik perubahan kebiasaan selama masa pandemi ini, ia berupaya untuk melakukan berbagai kegiatan positif.

Baca juga: Bantu Lansia Terhindar dari Stres, Sebaiknya Sering Ajak Mereka Mengobrol

"Tentunya dalam proses itu ada hal-hal yang tidak bisa kita terima misalnya, menjadikan kita terganggu misalnya mental (jadi) stres, tapi banyak hal yang bisa kita lakukan, termasuk berpikiran positif dalam segala hal," kata Oscar.

Sebab, memiliki pikiran yang positif tentunya dapat menjaga kestabilan emosi dan menjaga imunitas agar tidak mudah terkena penyakit. 

"Berpikiran positif sekali lagi itu paling penting, jangan semuanya dianggap negatif ya. Kalau dianggap positif, dengan begitu kita menerima apa yang terjadi di dalam kondisi seperti ini," tegas Oscar.

Selain itu, ia menganggap mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi sebagai cara lain dalam mengelola stres.

"Termasuk mengkonsumsi makanan misalkan mengalihkan dari pikiran yang kacau itu kita makan, ya berpikiran positif aja makan makanan yang bergizi," tutur Oscar.

Menurutnya, makanan yang memiliki gizi tinggi tentunya akan meningkatkan ketahanan tubuh pula.

Namun yang perlu diingat adalah jangan mengkonsumsi makanan secara berlebihan, karena itu tidak baik bagi kesehatan tubuh dan memicu timbulnya penyakit lain.

"Makanan yang memang mampu membuat stamina kita menjadi baik, asupan penting, artinya makanan bergizi. Bukan segalanya dimakan ya, karena sesuatu yang berlebih itu tidak baik," pungkas Oscar.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas