Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

5 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cara Sederhana dan Mudah

Berikut terdapat 5 cara mudah menurunkan berat badan secara alami, selain diet dan olahraga, simak tips berikut ini.

Editor: tribunsolo
zoom-in 5 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cara Sederhana dan Mudah
Freepik
ilustrasi - Berikut terdapat 5 cara mudah menurunkan berat badan secara alami, selain diet dan olahraga, simak tips berikut ini. 

TRIBUNNEWS.COM - Menurunkan berat badan sebenarnya mudah dilakukan, namun perlu adanya konsistensi dalam melakukan gaya hidup sehat setiap hari.

Menurunkan berat badan perlu waktu dan ketekunan.

Dr.Brian Brown, Doktor bidang Pemulihan Tubuh yang juga praktisi, penulis, dan pembicara menyatakan bahwa setelah bisa menghilangkan satu kebiasaan buruk, lanjutkan dengan hal lain secara bertahap, sehingga kita memiliki kebiasaan yang lebih sehat secara keseluruhan.




Untuk itu, agar berat badan dapat menurun secara alami dan permanen, diperlukan tips sederhana sebagai berikut:

1. Jangan simpan makanan sehat di tempat yang sulit dijangkau

Cara menurunkan berat badan secara sederhana adalah dengan menyimpan makanan sehat yang mudah dijangkau. "Saat kamu membuka lemari es, hal pertama yang kamu lihat biasanya bukanlah sayuran — mengapa? Karena sayuran umumnya disimpan di laci di bagian bawah!” kata Candice Seti, Psy.D., CPT, CNC, Psikolog klinis yang juga merupakan ahli nutrisi.

Akibatnya, saat kamu membuka lemari es untuk mencari camilan, kamu cenderung tidak memilih sayur dan buah. “Kita cenderung fokus pada apa yang sejajar dengan mata. Padaha kebanyakan makanan yang ada di hadapan kita adalah camilan tidak sehat," kata Candice.

BERITA TERKAIT

Jangan juga menyimpan makanan sehat dalam wadah yang buram yang tak terlihat dari luar. Sebagai gantinya, letakkan makanan sehat di wadah bening yang mudah terlihat. Sebaliknya, simpan makanan tidak sehat seperti roti manis, kue-kue, dan keripik asin di wadah buram dan masukkan ke dalam laci, yang jauh dari pandanganmu.

2. Tetapkan kapan harus menutup dapur

Membuat jadwal ke dapur juga bisa menjadi cara menurunkan berat badan secara sederhana. "Membatasi akses ke dapur dapat membantu mengurangi makan yang tidak perlu di malam hari, dan kamu dapat melakukannya dengan memberlakukan waktu tutup dapur," kata Candice.

Ibaratkan dapurmu layaknya sebuah restoran yang memiliki jadwal buka dan tutup. “Jadi jika kamu merasa tidak lagi lapar setelah pukul 21.00 dan keinginan makan apa pun yang dilakukan setelah (jam) itu hanyalah karena bosan, pukul 21.00 bisa menjadi waktu tutup dapur, " ujar Candice.

Baca juga: Cara Atasi Insomnia Secara Alami, Ikuti 8 Tips Berikut Ini!

Baca juga: Ini 3 Tips Hemat Belanja Produk Kesehatan Terbaik untuk Keluarga Diskon yang Ga Bikin Kantong Jebol

Baca juga: Cara Mengatasi Rasa Sakit dan Nyeri saat Menstruasi, Simak 7 Tips Berikut Ini

Baca juga: Cara Mengatasi Diare Secara Alami, Ikuti 8 Tips Berikut Ini

3. Makan sayuran sebelum makan di luar

Sunny Brigham, Ahli Gizi Klinik, memberikan saran untuk mengonsumsi sayur sebelum makan apapun untuk membantu menurunkan berat badan. "Pastikan sayur menjadi menu utama setiap makanan dan konsumsilah terlebih dahulu,” ujar Sunny.

Sayuran jelas mengandung nutrisi yang menyehatkan. "Sayur juga mengambil lebih banyak ruang perut sehingga kita lebih cepat merasa kenyang," kata Sunny.

Halaman
12
Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas