Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Lifestyle
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Sambut Hari Anak Nasional, KG Media Luncurkan Siniar ‘Dongeng Pilihan Orangtua’

Konten siniar ini merupakan salah satu konten produksi yang merupakan bagian jadi jaringan konten audio KG Media bernama Medio.

Sambut Hari Anak Nasional, KG Media Luncurkan Siniar ‘Dongeng Pilihan Orangtua’
Istimewa
Sambut Hari Anak Nasional, KG Media Luncurkan Siniar ‘Dongeng Pilihan Orangtua’ 

TRIBUNNEWS.COM  -  Menyambut Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli beberapa hari lalu ini, KG Media bersama media anak meluncurkan kanal berisikan konten dongeng berbasis audio melalui platform siniar (podcast), yaitu “Dongeng Pilihan Orangtua”. Konten siniar ini merupakan salah satu konten produksi yang merupakan bagian jadi jaringan konten audio KG Media bernama Medio.

Berdasarkan masukan dari para profesional, siswa, dan pendidik yang kelelahan menatap layar dalam kesehariannya, KG Media mencoba memberikan solusi agar anak, orangtua, dan juga pendidik bisa mendapatkan sumber hiburan yang edukatif dan berkualitas.

Sulyana Andikko, sebagai Project Manager Medio menambahkan bahwa “Sebagai salah satu sumber hiburan di kala pandemi ini, konten berbasis audio relatif tidak ‘posesif’ terhadap panca indera. Sehingga harapannya bisa menemani hari-hari keluarga maupun profesional di rumah saja, yang bagi sebagian dari kita mungkin terasa menjenuhkan.”

Siniar ini juga dapat dioptimalkan bagi orangtua maupun guru sebagai suplemen bahan ajar di tengah situasi pandemi. Oleh sebab itu, siniar dongeng dapat menjadi alternatif medium pembelajaran yang menarik dan seru bagi anak-anak. Lucia Triundari, Editor in Chief Children Media Grid Network mengatakan, “Dengan adanya podcast ini, akan menjadi salah satu alat bagi orangtua atau guru dalam mencari ide cerita untuk menyisipkan nilai atau pelajaran-pelajaran yang ingin disampaikan pada anak,” ujarnya.

Terutama untuk guru taman kanak-kanak (TK) yang dituntut untuk bisa bercerita dan mendongeng agar anak-anak tidak bosan ketika belajar.

“Guru dapat memulainya melalui podcast ini dalam memilih cerita yang menarik untuk dibawakan ketika mengajar. Atau ketika orangtua bersama anaknya dapat mendengarkan dongeng ini bersama-sama sehingga terjadilah komunikasi antara orangtua dengan anak ketika membicarakan dongeng,” imbuh Lucia.

Hal inilah yang juga mendorong pemilihan nama kanal siniar Dongeng Pilihan Orangtua dengan harapan para orangtua dapat mendampingi anak-anak ketika mendengarkan dongeng. Tujuannya adalah agar orangtua dapat membantu menceritakan atau menjelaskan hal-hal yang sulit dipahami atau menimbulkan pertanyaan dari anak.

Siniar dipilih sebagai medium distribusi konten karena sifatnya yang mudah diakses oleh semua orang, kapan pun dan di mana pun. Selain itu, mendengarkan dongeng melalui audio dapat meningkatkan kemampuan kognitif karena merangsang daya imajinasi anak dan mendukung mereka untuk menjadi lebih kreatif.

“Audio adalah medium yang intim di telinga. Intonasi narator, kualitas suara efek, dan musik, adalah elemen-elemen penting dalam ‘membangun teater dalam pikiran’ para pendengar,” ujar Sulyana. Konsep ‘teater’ seolah menghadirkan suasana riil dan memperkaya alur cerita.

Lucia juga menjelaskan bahwa periode emas (golden age) anak merupakan saat yang tepat bagi orangtua untuk menanamkan nilai-nilai yang dapat membentuk karakter anak hingga mereka beranjak dewasa nanti. Nilai-nilai ini dapat ditanamkan melalui kisah dan cerita yang disajikan  melalui dongeng.

“Karena itulah penting bagi orangtua untuk bisa mendongengkan dan menceritakan sesuatu yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak,” tegas Lucia.

Di era digital yang kian modern ini, dongeng tidak terbatas pada medium cetak saja, melainkan dapat juga ditonton melalui berbagai platform video. Menariknya lagi, jika dulu kita sudah familiar dengan dongeng berupa audio melalui siaran radio, kini dongeng berbentuk audio juga dapat dinikmati dengan lebih leluasa dalam platform siniar yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun secara berulang.

“Jika Anda belum sempat membacakan dongeng, cukup dengarkan dongeng-dongeng yang indah, seru, mendidik, dan sarat akan nilai-nilai melalui podcast ini, ya,” tutup Lucia.

Dengan beragamnya manfaat dari kegiatan mendongeng, diharapkan kanal siniar Dongeng Pilihan Orangtua ini dapat membangun kedekatan orangtua dengan anak, membantu kontribusi kecerdasan anak Indonesia, serta  memberdayakan guru-guru atau tenaga pendidik untuk mengajar anak muridnya dengan lebih kreatif. Siniar (podcast) Dongeng Pilihan Orangtua dapat diakses melalui pemutar kanal Spotify, dan Google Podcast, dengan episode terbaru yang akan diunggah setiap hari Jumat. Nantikan kanal-kanal siniar terbaru lain persembahan KG Media di pemutar siniar favorit kamu!

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas