Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Makna Baju Pepadun, Pakaian Adat Lampung yang Dipakai Jokowi Saat Upacara HUT RI, Suci dan Berani

Presiden Jokowi memakai baju Pepadun, baju adat Lampung saat upacara detik detik Proklamasi HUT ke-76 RI, Selasa 17 Agustus 2021. Apa maknanya?

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Makna Baju Pepadun, Pakaian Adat Lampung yang Dipakai Jokowi Saat Upacara HUT RI, Suci dan Berani
Biro Pers Media Setpres/Biro Pers Media Setpres
Presiden Joko Widodo dengan pakaian adat Lampung saat memimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan 1945 di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (17/8/2021). Peringatan HUT Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia ini mengangkat tema Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh. Makna Baju Pepadun, Pakaian Adat Lampung yang Dipakai Jokowi Saat Upacara HUT RI, Suci dan Berani(TRIBUNNEWS/Biro Pers Media Setpres) 

TRIBUNNEWS.COM , BANDAR LAMPUNG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memakai baju Pepadun, baju adat Lampung saat upacara detik detik Proklamasi HUT ke-76 RI, Selasa 17 Agustus 2021. Apa maknanya?

Pakaian adat yang dipakai Presiden terdiri atas baju lengan panjang berwarna putih yang dipadukan dengan celana panjang berwarna putih juga.

Di luarnya, dibalut dengan sarung tumpal yaitu kain sarung khas Lampung yang dipakai Kepala Negara menutup celana dari pinggang hingga lutut.

Baca juga: Kali Ini Pakai Baju Khas Lampung, Ini Deret Pakaian Adat yang Dipakai Jokowi Saat Upacara HUT RI

Baca juga: Jokowi Pakai Baju Adat Lampung saat Peringatan HUT Ke-76 RI, Ini Kata Erick Thohir

Penampilan Presiden dilengkapi dengan kain selendang, ikat pinggang, dan tutup kepala yang semuanya berwarna senada merah.

Apa makna dari baju adat ini?

Foto Biro Pers, Media, dan Sekretariat Presiden: Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Lampung dalam upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (17/8/2021).
Foto Biro Pers, Media, dan Sekretariat Presiden: Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Lampung dalam upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (17/8/2021). (Kompas.com/Fitria Chusna Farisa)

Tokoh adat Lampung Sultan Raja Lampung Dang Gusti Ike Edwin ungkap makna pakaian adat Lampung yang dikenakan oleh

Tokoh dari Kerajaan Paksi Pak Sekala Brak ini menjelasakan, penampilan adat Lampung yang dikenakan Jokowi melambangkan seorang pemimpin atau raja.

BERITA TERKAIT

Busana putih yang digunakan oleh Presiden Jokowi melambangkan kesucian dan kemurnian.

Sedangkan selempang merahnya melambangkan keberanian dari sosok pemimpin.

Sultan Raja Lampung Dang Gusti Ike Edwin. Dang Gusti Ike Edwin Ungkap Makna Pakaian Adat Lampung yang Dikenakan Presiden Jokowi.
Sultan Raja Lampung Dang Gusti Ike Edwin. Dang Gusti Ike Edwin Ungkap Makna Pakaian Adat Lampung yang Dikenakan Presiden Jokowi. (Tribunlampung.co.id/Kiki Adipratama)

"Putih itu melambangkan kesucian dan kemurnian. Merah itu sifat yang berani. Jadi itu melambangkan pemimpin atau raja," kata Dang Ike Edwin saat ditemui di Gedung Lamban Kuning, Selasa.

Mantan Kapolda Lampung ini mengaku tak menduga jika Presiden Jokowi akan mengenakan pakaian adat Lampung pada upacara peringatan 17 Agustus itu.

"Saya tidak menduga pak Jokowi pakai adat Lampung, Nasib baik jadi keberuntungan kita," kata Ike Edwin.

Menurutnya, suatu keberuntungan dan kebanggaan masyarakat Lampung ketika seorang kepala negara memakainya.

Sebab, lanjut Dang Ike, 150 kepala negara pasti menyaksikan penampilan Presiden Jokowi yang mengenakan adat Lampung.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas