Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Lifestyle
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Ketika Standar Kecantikan Malah Membuat Krisis Kepercayaan Diri, Apa yang Harus Dilakukan?

Derasnya unggahan foto dan video di sosial media menampilkan standar kecantikan tertentu, membuat sebagian wanita ingin mengikuti standar tertentu.

Ketika Standar Kecantikan Malah Membuat Krisis Kepercayaan Diri, Apa yang Harus Dilakukan?
BLODSKY
Cara Terbaik dalam Aplikasikan Produk Perawatan Kulit di Wajah 

TRIBUNNEWS.COM - Derasnya unggahan foto dan video di sosial media yang selalu menampilkan standar kecantikan tertentu, membuat para wanita ingin mengikuti standar tersebut.

Standar kecantikan yang tidak mampu diraih membuat krisis kepercayaan diri pada mereka.

Apalagi di masa pandemi sebagian besar kegiatan yang biasanya dilakukan secara offline beralih ke format daring.

Orang bertemu dengan rekan kerja, keluarga maupun teman secara virtual, dengan menggunakan platform telekonferensi seperti Zoom.

Sebuah studi yang dirilis “International Journal of Women's Dermatology”, mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut bisa memicu gangguan kesehatan mental.

Dalam studi tersebut fenomena ini disebut dengan "Zoom Dysmorphia" yang membuat penderitanya menjadi kurang percaya diri.

Istilah ini tidak hanya ditujukan pada pengguna Zoom saja namun juga pada pengguna platform telekonferensi lainnya, termasuk juga fasilitas video call.

Zoom Dysmorphia merupakan suatu kondisi seseorang mudah cemas dan khawatir penampilan fisik aslinya di dunia nyata akan berbeda dengan tampilan di dunia virtual.

Rasa tidak percaya diri ini berasal dari seringnya penggunaan platform video call, serta pemanfaatan filter di platform tersebut untuk memoles tampilan wajah sendiri supaya enak dipandang oleh lawan bicara.

Para peneliti tersebut mengungkapkan bahwa durasi waktu yang meningkat untuk melakukan konferensi video, menggunakan media sosial, dan menggunakan filter pada platform video call selama pandemi bisa berdampak terhadap memburuknya persepsi akan diri sendiri.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas