Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Tips Perawatan untuk Hindari Penuaan Kulit di Usia 30-an

Seseorang yang telah memasuki usia 30-an, perlu merawat kulit mereka secara ekstra untuk menunda munculnya tanda-tanda penuaan.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Willem Jonata
zoom-in Tips Perawatan untuk Hindari Penuaan Kulit di Usia 30-an
Pexels
Ilustrasi perawatan kulit. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Seiring bertambahnya usia, kulit akan cenderung menjadi kurang elastis, lebih berpigmen, dan rapuh karena hilangnya elastin dan kolagen secara bertahap pada sel-sel kulit.

Penurunan produksi minyak di kulit dengan penuaan intrinsik ini menyebabkan kulitmu akan terasa kering, kemudian perlahan muncul garis-garis halus hingga kerutan.




Bahkan muncul pula lingkaran hitam, jerawat, dan kondisi kulit kusam yang biasa menjadi ciri umum yang dialami mereka yang usianya kian bertambah, ini karena terjadinya ketidakseimbangan hormon.

Baca juga: Ngemil Selama WFH Merusak Body? Bikin Perut Buncit dan Kulit Kusam, Atasi dengan Satu Langkah Ini

Oleh karena itu, seseorang yang telah memasuki usia 30-an perlu merawat kulit mereka secara ekstra untuk menunda munculnya tanda-tanda penuaan dan mengatasi masalah kulit yang biasa dialami orang dewasa.

Lalu apa saja tips perawatan kulit yang bisa dilakukan kamu yang berusia 30-an?

Dikutip dari laman thehealthsite.com, Senin (8/11/2021), berikut tips perawatan kulit yang harus dilakukan seseorang saat usianya telah mencapai 30-an, untuk menjaga agar kulit tetap sehat, kencang dan ternutrisi sepanjang waktu.

BERITA TERKAIT

Tetap terhidrasi

Kamu harus mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup dan rutin mengoleskan pelembab yang dapat menghidrasi kulit, ini akan membantu menjaga elastisitas kulitmu.

Selain itu, hidrasi yang cukup dalam sel-sel kulit dapat mencegah produksi minyak berlebihan, yang dapat menyebabkan munculnya jerawat dan masalah peradangan lainnya.

Baca juga: Manfaat Suplemen Kolagen untuk Daya Tahan Tubuh dan Kesehatan Kulit

Kamu juga harus memperhatikan sederet bahan aktif seperti retinoid, vitamin C, asam hialuronat, asam glikolat, asam hidroksi, koenzim Q10, peptida, ekstrak teh, ekstrak biji anggur, dan niacinamide, saat membeli produk pelembab.

Karena bahan-bahan tersebut diyakini dapat meningkatkan produksi kolagen dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Perlu diketahui, pelembab juga dapat melindungi lapisan kulit dari kerusakan lingkungan yang berisiko menyebabkan penuaan dini.

Lakukan eksfoliasi secara teratur

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas