Tribun Lifestyle

Pengasuhan Menyenangkan 5 Tahun Pertama Bantu Anak Capai Potensi Masa Depan

Sayangnya, belum ada rujukan pengetahuan yang menjadi tempat 'belajar' bagi  orang tua, tentang hal yang dibutuhkan agar anak tumbuh optimal.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willem Jonata
zoom-in Pengasuhan Menyenangkan 5 Tahun Pertama Bantu Anak Capai Potensi Masa Depan
THINKSTOCK.COM
Ilustrasi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anak-anak membutuhkan pengasuhan yang menyenangkan sejak awal usia mereka untuk mendukung perkembangan otak dan potensi masa depan mereka.

Pengasuhan selama lima tahun pertama anak bisa membantu anak-anak mencapai potensi masa depan mereka sepenuhnya.

"Ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa momen-momen kecil dari koneksi dan interaksi, frekuensi pengulangan dan dapat membuat perbedaan anak di masa mendatang yang cukup signifikan,” kata Co-Founder dan Co-Chair Minderoo Foundation Nicola Forrest saat peluncuran Thrive by Five Internasional Program belum lama ini.

Baca juga: Belajar Parenting Dari Konten Audio yang Menghibur, Yuk Ikuti Siniar Obrolan Meja Makan di Spotify

Namun sayangnya, belum ada rujukan pengetahuan yang menjadi tempat 'belajar' bagi  orang tua dan pengasuh tentang hal yang dibutuhkan untuk mencapai anak yang optimal.

Andrew Hunter, Director, Minderoo International, Minderoo Foundation, Yenny Wahid, Director, Wahid Foundation,  Penny Williams, Australian Ambassador to Indonesia  dan Agustina Erni, Deputy for Fulfilment of Children's Right, Ministry of Women's Empowerment and Child Protection
Andrew Hunter, Director, Minderoo International, Minderoo Foundation, Yenny Wahid, Director, Wahid Foundation, Penny Williams, Australian Ambassador to Indonesia dan Agustina Erni, Deputy for Fulfilment of Children's Right, Ministry of Women's Empowerment and Child Protection (Tribunnews.com/ Eko Sutriyanto)

Ini pula yang mendorong Minderoo Foundation meluncurkan aplikasi untuk pengembangan anak usia dini Thrive by Five secara global.

Tujuan utama dari program ini adalah untuk menginspirasi orang tua dan pengasuh untuk lebih banyak melakukan interaksi yang berkualitas dengan anak-anak dan dengan demikian mengubah perilaku mereka dengan menyoroti tindakan yang dapat dilakukan dan diinginkan seperti permainan sederhana seperti cilukba yang terbukti secara ilmiah memiliki dampak yang signifikan bagi tumbuh kembang anak.

Aplikasi yang mulai dikenalkan  di Indonesia ini bertujuan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya tahun-tahun awal anak dan memberdayakan orang tua dan pengasuh di seluruh dunia untuk memberi anak- anak mereka awal terbaik dalam hidup.

Baca juga: Penerapan Mindful Parenting Efektif Ubah Kebiasaan Makan Anak yang Salah

"Program ini diluncurkan di 30 negara, dirancang untuk menyebarkan konten kepada orang tua dan pengasuh melalui berbagai saluran, baik digital maupun non-digital, dalam bahasa mereka sendiri dan dirancang secara individual untuk menyesuaikan bahasa negara tersebut, budaya, dan isyarat sosial," katanya.

Peluncuran di Indonesia hanyalah langkah pertama, dengan program yang akan diperluas ke 30 negara di Afrika, Asia, Amerika Selatan dan Timur Tengah untuk membantu anak-anak berkembang langsung melalui dukungan jutaan orang tua dan pengasuh.

Dr Andrew Forrest AO, Ketua dan Pendiri Yayasan Minderoo mengatakan bahwa Yayasan sedang mencari cara untuk mencapai perubahan paradigma global bagi anak-anak di seluruh dunia.

“Setiap anak, di mana pun mereka tinggal, memiliki hak untuk memulai hidup sebaik mungkin.

Program Thrive by Five akan menginformasikan dan memberdayakan orang tua dan pengasuh untuk membantu anak-anak mereka mencapai potensi terbesar mereka, dari negara-negara yang dilanda perang seperti Afghanistan hingga komunitas paling terpencil di Kenya” kata Dr Forrest.

Konten yang tersedia didasarkan pada penelitian antropologis dan neurosciencetific yang dibuat khusus di setiap negara.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas