Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Manfaat Puasa Syawal, Lengkap dengan Niat Puasa Syawal dalam Tulisan Arab dan Latin

Berikut ini bacaan niat dan manfaat menjalankan puasa Syawal. Pahala puasa Syawal menyamai pahala puasa satu tahun penuh.

Penulis: Miftah Salis
Editor: Nuryanti
zoom-in Manfaat Puasa Syawal, Lengkap dengan Niat Puasa Syawal dalam Tulisan Arab dan Latin
cheapumrahpackage.us
puasa syawal- Berikut ini bacaan niat dan manfaat menjalankan puasa Syawal. Pahala puasa Syawal menyamai pahala puasa satu tahun penuh. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini bacaan niat dan manfaat menjalankan puasa Syawal.

Pahala puasa Syawal menyamai pahala puasa satu tahun penuh.

Namun syaratnya harus melakukan puasa Ramadhan terlebih dulu selama sebulan penuh.

Kalaupun saat Ramadhan ada hari-hari puasa yang tak dijalani, maka pahala puasa syawal tetap bisa didapat setelah utang puasa tersebut lunas.

Setelah berpuasa Ramadhan, umat Islam dianjurkan untuk menjalankan puasa Syawal.

Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa berpuasa selama enam hari di bulan Syawal akan mendapat ganjaran seperti berpuasa setahun.

“Barang siapa berpuasa penuh di bulan Ramadhan lalu menyambungnya dengan (puasa) enam hari di bulan Syawal, maka (pahalanya) seperti ia berpuasa selama satu tahun.” (HR Muslim).

Baca juga: Bacaan Niat Puasa Senin Kamis, Lengkap dengan Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh

BERITA REKOMENDASI

Berikut ini manfaat puasa Syawal mengutip dari sumsel.kemenag.go.id:

1. Puasa enam hari di bulan Syawal setelah Ramadhan merupakan pelengkap sekaligus penyempurna pahala dari puasa setahun penuh.

2. Menjalankan puasa Syawal seperti menjalankan shalat sunnah rawatib. Fungsinya yakni penyempurna kekurangan. Perbuatan fardhu akan dilengkapi dengan perbuatan sunnah di hari kiamat nanti.

3. Membiasakan puasa di bulan Syawal menandakan kemungkinan diterimanya puasa Ramadhan. Apabila Allah SWT menerima amal hamba-Nya, pasti Dia menolongnya dalam meningkatkan perbuatan baik setelahnya. Mengerjakan kebaikan kemudian melanjutkannya dengan kebaikan lain, maka hal itu menjadi tanda terkabulnya amal perbuatan pertama.

4. Orang yang berpuasa Ramadhan akan mendapat pahala di Hari Raya Idul Fitri yang merupakan hari pembagian hadiah. Berpuasa setelah Idul Fitri menjadi bentuk rasa syukur atas nikmat Allah SWT.

5. Amal yang dikerjakan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT di bulan Ramadhan tidak terputus dengan berlalunya bulan mulia itu selama dia masih hidup.

Niat puasa syawal

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas