Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Faktanya, Kulit Bayi 30 % Lebih Tipis! Ini Cara Merawatnya

Meskipun secara kasat mata terlihat halus, ternyata kulit bayi memiliki perbedaan secara struktur dan fungsi. Lalu, bagaimana cara merawatnya?

Editor: Brand Creative Writer
zoom-in Faktanya, Kulit Bayi 30 %  Lebih Tipis! Ini Cara Merawatnya
Recreating Image from: https://www.istockphoto.com/vector/sectional-view-of-the-skin-comparison-illustration-of-protection-effect-between-gm923230852-253428261
Kulit bayi vs kulit orang dewasa 

Tribunnews.com - Meskipun secara kasat mata terlihat halus, ternyata kulit bayi memiliki perbedaan secara struktur dan fungsi. Kulit bayi itu 30 persen lebih tipis dibanding kulit dewasa. Kulit bayi memiliki ukuran sel kulit yang lebih kecil, lebih rendah Natural Moisturizing Factor atau lemak kulit dan memiliki lebih sedikit kandungan kolagen, melanin atau pigmen.

Selain itu, kulit bayi juga sangat mudah menyerap zat-zat yang menempel pada permukaannya. Hal ini dapat menyebabkan kulit bayi mudah mengalami berbagai gangguan seperti:

- Kulit kering

Penyerapan pada kulit bayi lebih cepat dibanding kulit dewasa, begitupun juga penguapannya. Inilah yang membuat kulit bayi lebih mudah kehilangan kadar air dan lebih rentan mengalami kulit kering.

Karenanya perlu bagi orangtua untuk memakaikan sabun yang didesain khusus untuk bayi, dan juga lotion untuk mengunci kelembapan kulit si Kecil.

- Alergi ringan

Gejala berupa kulit yang memerah, terasa gatal dan biasanya tersebar di bagian kulit wajah, kulit kepala, siku dan belakang lutut.

BERITA TERKAIT

- Ruam popok

Bisa terjadi karena popok terlalu ketat atau adanya alergi terhadap bahan tertentu pada popok, deterjen pakaian, atau produk perawatan kulit.

- Eksim

Pada bayi, eksim seringkali muncul sebagai ruam merah, iritasi, dan gatal pada wajah dan kulit kepala. Salah satu tanda bayi mengalami gangguan kulit adalah mereka cenderung menjadi lebih rewel karena merasakan tidak nyaman. Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk merawat dengan tepat agar gangguan pada kulit si Kecil bisa teratasi.

Tips Merawat Kulit Bayi:

1. Cukup Mandikan si Kecil 1-2x per Hari

Mandikan si Kecil dengan air hangat tidak lebih dari 37°C, agar suhunya sama dengan suhu tubuh bayi sehingga membuatnya tetap nyaman.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas