Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Contoh Teks Khutbah Jumat Singkat: 4 Hal yang Harus Ada pada Diri Manusia

Berikut contoh teks khutbah Jumat dengan tema "Empat Hal yang Harus Ada pada Diri Manusia", ditulis oleh H. Khairul Anam, S.H., M.Kes.

Penulis: Wahyu Gilang Putranto
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Contoh Teks Khutbah Jumat Singkat: 4 Hal yang Harus Ada pada Diri Manusia
Surya/Ahmad Zaimul Haq
Ilustrasi Khutbah Jumat. Berikut contoh teks khutbah Jumat dengan tema "Empat Hal yang Harus Ada pada Diri Manusia", yang ditulis oleh H. Khairul Anam. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut contoh teks khutbah Jumat dengan tema "Empat Hal yang Harus Ada pada Diri Manusia".

Khutbah "Empat Hal yang Harus Ada pada Diri Manusia" ditulis oleh H. Khairul Anam, S.H., M.Kes dalam buku Kumpulan Khutbah Jum'at Inspiratif.

Baca juga: Contoh Khutbah Jumat: Bahaya Hasad bagi Peradaban Manusia

Empat Hal yang Harus Ada pada Diri Manusia :




إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْه ُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اما بعـد
قال الله تعالى: اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ.
 يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا. يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا.

Jamaah Sholat Jum’at rahimakumullah

Bersyukur kita kepada Allah, atas anugerah dan nikmatnya yang Allah berikan kepada kita semua, kita masih diberi kesempatan oleh Allah untuk melaksanakan salah satu yang Allah fardukan kepada kita yaitu melaksanakan salah fardu jum’at.

Dan marilah kita senantiasa meningkatakan taqwa kita kepada Allah, yang hakikat taqwa itu adalah melakukan ketaatan keapada Allah. Pertama kita tidak melakukan maksiyat kepada-Nya yang kedua taqwa itu adalah bagaimana kita selalu ingat kepada Allah dan tidak melupakannya dan yang ketiga adalah kita senantiasa bersyukur dan tidak menjadi kufur akan nikmat Allah.

BERITA TERKAIT

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ahmad Bin Hambal yaitu:

Ada empat sifat yang apabila semuanya ada pada dirimu, maka tidak akan menjadi sebab kalian ditimpa kesusahan, empat sifat tersebut adalah:

1. Menjaga Amanah
2. Bicara jujur
3. Berakhlak mulia
4. Senantiasa menjaga kesucian

Berdasarkan hadist tersebut di atas memegang teguh amanah itu adalah sesuatu yang sangat penting dalam hidup ini, sekali saja orang tidak amanah, maka orang lain sulit untuk mempercayai kita, berbuat jujur dan tidak melakukan dusta dalam pergaulan di masyarakat, apapun posisi dan status sosial seseorang tentu kita harus menjaga diri dari sifat-sifat yang akan mengotori diri kita semua.

Serta senantiasa menjaga kesucian artinya adalah:

Pertama : Membersihakan diri kita dari keburukan akhlak
Kedua : Membersihakan diri dari kotoran penyakit hati
Ketiga : Membersihkan diri dari perilaku dan perbuatan jahiliyah

Dalam al-Qur’an Yunus 10:57

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas