Tribun Lifestyle

Mengenal CAMS, Teknologi Tata Udara yang Bikin Penghuni Betah di Rumah

Panasonic kemudian membuat inovasi manajemen tata udara untuk hunian yang diberi nama CAMS

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Mengenal CAMS, Teknologi Tata Udara yang Bikin Penghuni Betah di Rumah
Dok
Paparan tentang teknologi tata udara Complete Air Management System (CAMS) hasil pengembangan Panasonic, Kamis, 8 Desember 2022. Teknologi ini dipasang di hunian Savasa di kawasan Kota Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indeks udara di berbagai kota besar seperti Jakarta dan kawasan pinggirannya semakin memburuk. Salah satunya karena makin bertumbuhnya pabrik-pabrik baru di kawasan industri.

Di sisi lain, pandemi Covid membuat banyak keluarga menaruh perhatian lebih dalam menjaga kesehatan sehari-hari termasuk higienitas udara yang dihirup.

Panasonic beberapa waktu lalu membuat survei tentang minat masyarakat tentang hunian yang diinginkan. Salah satu poin utamanya mereka menginginkan hunian dengan sistem tata udara yang baik.

Berdasar riset tersebut, Panasonic kemudian membuat inovasi manajemen tata udara untuk hunian yang diberi nama CAMS yang merupakan singkatan dari Complete Air Management System (CAMS).

CAM merupakan teknologi yang dikembangkan Panasonic untuk hunian agar mendapatkan udara berkualitas di dalam ruangan. Teknologi ini mengoperasikan pengelolaan Air Conditioner, Supply Fan dan IAQ Remote Controller sekaligus di dalam rumah secara bersama-sama dan terintegrasi.

Teknologi CAMS ini untuk pertama kalinya diimplementasikan di hunian tapak dua lantai Savasa dengan konsep smart home di kawasan smart city berstandar Jepang di Kota Deltamas, Cikarang, Jawa Barat.

"Kita berkolaborasi dengan Savasa, konsep ini cocok untuk smart lifestyle di Indonesia.
Smart township. CAMS mengintegrasikan antara AC, ventilasi udara, kelembaban udara ruangan serta ditambahkan dengan nano EX untuk mencegah virus Covid, yang dikontrol melalui aplikasi digital di smartphone," ujar Ichiro Suganuma, Director of QAFL Business Promotion Office.

IAQ Remote Controller
Unit IAQ Remote Controller untuk mengatur kondisi ruangan berbasis teknologi tata udara Complete Air Management System (CAMS).

Dia menjelaskan, CAMS yang menawarkan solusi untuk meningkatkan Indoor Air Quality for Life (IAQ), demi menciptakan ruang dalam ruangan yang lebih aman, dan memberikan kehidupan yang lebih sehat bagi konsumen.

“Dengan CAMS, kualitas udara di dalam ruangan dapat dikontrol secara terus menerus menjadikan lingkungan dalam ruangan menjadi bersih, sehat, dan nyamanl," ujarnya di paparan pada acara media visit, Kamis, 8 Desember 2022.

Baca juga: Panasonic Luncurkan Teknologi Hybrid-Link CAMS yang Bisa Sinkronkan AC dan Operasi Ventilasi

Menurutnya, teknologi CAMS dapat menjadi solusi untuk perubahan gaya hidup masyarakat yang banyak melakukan aktivitas di dalam rumah dengan jaminan udara bersih dan sehat.

Cara Kerja Teknologi CAMS yang Berbasis Cloud

Ichiro Suganuma memaparkan, CAMS Panasonic bekerja sebagai sistem manajemen kualitas udara cerdas yang terus-menerus mendeteksi kualitas udara dalam ruangan.

Sistem ini terdiri dari pendingin ruangan Panasonic dengan teknologi nanoeTM X, sistem ventilasi, dan Remote Control IAQ (Indoor Air Quality).

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas