Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Bacaan Doa Ziarah Kubur Jelang Ramadan dalam Tulisan Arab dan Latin, Beserta Tata Cara Ziarah Kubur

Bacaan doa ziarah kubur dalam tulisan arab dan latinnya, lengkap dengan tata cara ziarah kubur.

Penulis: Nuryanti
Editor: Sri Juliati
zoom-in Bacaan Doa Ziarah Kubur Jelang Ramadan dalam Tulisan Arab dan Latin, Beserta Tata Cara Ziarah Kubur
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Ilustrasi - Warga melakukan ziarah kubur di Taman Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (4/4/2021). Bacaan doa ziarah kubur dalam tulisan arab dan latinnya, lengkap dengan tata cara ziarah kubur. 

TRIBUNNEWS.COM - Inilah bacaan doa ziarah kubur dalam tulisan arab dan latinnya, serta tata krama ziarah kubur.

Jelang bulan Ramadan, umat Islam biasanya melakukan ziarah kubur ke makam orang tua atau kerabat.

Ziarah kubur dilakukan untuk mengingat kematian dan hari akhirat yang menjadi tempat manusia akan mendapat balasan sesuai amal perbuatannya.

Meski begitu, ziarah kubur tidak boleh ditujukan untuk mendapat berkah, minta doa restu, atau wangsit.

Saat melakukan ziarah kubur, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa.

Berikut doa ziarah kubur dalam tulisan arab, latin, dan artinya:

للَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الذُّنُوبِ والْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ

BERITA TERKAIT

الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّار, وَافْسَحْ لَهُ فِي قَبْرِهِ، ونَوِّرْ لَهُ فِيهِ

"Allahummaghfìrlahu war hamhu wa 'aafìhìì wa'fu anhu, wa akrìm nuzuulahu wawassì' madholahu, waghsìlhu bìl maa’ì watssaljì walbaradì, wa naqqìhì, mìnaddzzunubì wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu mìnad danasì.

Wabdìlhu daaran khaìran mìn daarìhì wa zaujan khaìran mìn zaujìhì. Wa adkhìlhul jannata wa aìdzhu mìn adzabìl qabrì wa mìn adzabìnnaarì wafsah lahu fì qabrìhì wa nawwìr lahu fìhì."

Artinya: Ya Allah, berilah ampunan dan rahmat kepadanya. Berikanlah keselamatan dan berikanlah maaf kepadanya. Berikanlah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran.

Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, istri yang lebih baik dari istrinya. Masukkanlah dia ke dalam surga, berikanlah perlindungan kepadanya dari azab kubur dan azab neraka. Lapangkanlah baginya dalam kuburnya dan terangilah dia di dalamnya." (HR. Muslim).

Baca juga: KJRI Jeddah: Tidak Ada Penutupan Ziarah di Makkah dan Madinah

ZIARAH KUBUR - Warga sedang berziarah di makam keluarganya di TPU Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat, Rabu (4/5/2022). Inilah bacaan doa ziarah kubur dalam tulisan arab dan latinnya, serta tata krama ziarah kubur.
ZIARAH KUBUR - Warga sedang berziarah di makam keluarganya di TPU Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat, Rabu (4/5/2022). Inilah bacaan doa ziarah kubur dalam tulisan arab dan latinnya, serta tata krama ziarah kubur. (WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN)

Berikut doa ziarah kubur lainnya yang bisa dibaca:

اَللَّهُمَّارْحَمْغُرْبَتَهُ،وَصِلْوَحْدَتَهُ،وَاَنِسْوَحْشَتَهُ،وَاَمِنْرَوْعَتَهُ،وَاَسْكِنْاِلَيْهِمِنْرَحْمَتِكَيَسْـتَغْنِيبِهَاعَنْرَحْمَةٍمِنْسِوَاكَ،وَاَلْحِقْهُبِمَنْكَانَيَتَوَلاَّهُ

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas