Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Resep Simpel Hotteok Ala Korea Pakai Susu Kental Manis, Cemilan untuk Nonton Drakor!

Susu kental manis menjadi salah satu bahan tambahan yang membuat resep hotteok ala Korea jadi lebih nikmat. Yuk, coba resep berikut ini!

Penulis: Nurfina Fitri Melina
Editor: Anniza Kemala
zoom-in Resep Simpel Hotteok Ala Korea Pakai Susu Kental Manis, Cemilan untuk Nonton Drakor!
Shutterstock
Hotteok simpel ala Korea dapat dibuat dengan menambahkan susu kental manis. 

TRIBUNNEWS.COM - Susu kental manis merupakan bahan makanan serbaguna yang menjadi penambah cita rasa manis untuk berbagai sajian sarapan dan juga camilan. 

Tak hanya dapat menambah kenikmatan dari berbagai resep kuliner, kandungan kalori dalam setiap sachet susu kental manis rata-rata berjumlah 130 kkal, yang dilengkapi dengan zat gizi makro dan mikro, sumber 9 Vitamin (Vitamin A, D3, E, B1, B2, B3, B6, B12 dan C) dan Mineral (Kalsium, Fosfor, Selenium, Mangan dan Iodium). 

Maka itu, menambahkan susu kental manis dalam resep kuliner juga dapat membantu memenuhi kebutuhan kalori kamu dan keluarga, yang tentunya dilengkapi dengan konsumsi makanan bergizi lainnya serta aktif berolahraga untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Kalori Kental Manis di 4 Resep Camilan Kekinian, Bikin Nagih

Sejarah dan kandungan susu kental manis

Susu kental manis ternyata sudah dikenal lebih dari seratus tahun lalu, lho! Gail Borden, seorang pria asal Amerika Serikat mulai memperkenalkan susu kental manis kepada masyarakat pada 31 Januari 1851 silam.

Pada masa itu, Borden memperkenalkan alat yang mampu membuat susu mengental dan mudah dikonsumsi dalam kondisi apapun. Alat buatan Borden ini dikenal sebagai panci hampa udara.

Dengan alat tersebut, Borden merebus susu pada suhu di atas 100 derajat celsius hingga akhirnya menjadi kental, terasa nikmat, dan yang paling penting, bisa dikonsumsi dalam jangka waktu lama.

BERITA REKOMENDASI

Nah, seiring perkembangan zaman, susu kental manis menjadi terus dikenal dan tersebar ke berbagai negara, termasuk ke Indonesia. 

Menurut catatan Kementerian Perindustrian, distribusi susu kental manis di Indonesia sudah dimulai pada tahun 1873. Meskipun, pada masa itu susu kental manis hanya dikonsumsi terbatas oleh para tentara Belanda di Indonesia.

Ilustrasi susu kental manis 18923
Ilustrasi susu kental manis.

Pada perkembangannya, susu kental manis bisa dikonsumsi oleh siapa saja dan kini menjadi bahan serbaguna yang tak terpisahkan dari berbagai kreasi resep untuk sarapan dan camilan.

Terkait kandungan susu kental manis, merujuk pada Perka BPOM Regulasi No. 21/ 2016, susu kental manis adalah produk susu berbentuk cairan kental yang diperoleh dengan menghilangkan sebagian air dari campuran susu dan gula hingga mencapai tingkat kepekatan tertentu.

Selain itu, susu kental manis juga praktis dan ekonomis karena mudah disimpan dan bisa dibeli di mana saja dengan kemasan yang beragam dan harga terjangkau. Kamu bisa memilih jenis kemasan susu kental manis sesuai kebutuhan, mulai dari kemasan kaleng, pouch, dan juga sachet.

Maka dari itu, tidak heran jika susu kental manis sudah dikenal masyarakat dari generasi ke generasi, bukan?

Baca juga: Resep Pancake Pink Susu Kental Manis, Spesial untuk Si Dia!

Hotteok Ala Korea pakai susu kental manis

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas