Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Hampir Kena Tipu, Senandung Nacita Bagikan Kiat Mudah dan Aman Hindari Penipuan Online

Hampir kena tipu, Senandung Nacita berbagi kiat mudah dan aman untuk menghindari kasus penipuan online yang marak terjadi.

Penulis: Fransisca Andeska
Editor: Vincentius Haru Pamungkas
zoom-in Hampir Kena Tipu, Senandung Nacita Bagikan Kiat Mudah dan Aman Hindari Penipuan Online
Istimewa
Ilustrasi modus penipuan online yang mengatasnamakan Shopee 

TRIBUNNEWS.COM - Penipuan online dengan berbagai modus operandi terus bermunculan, bahkan kini hadir dengan metode baru. Modus yang dilakukan oleh pelaku terlihat kian meyakinkan, sehingga sulit untuk membedakan informasi yang diterima sebuah fakta atau bagian dari modus kejahatan

Salah satu yang belakangan ini marak terjadi dan makin meresahkan adalah modus penipuan yang menyasar korban melalui pesan WhatsApp dan Telegram. Modusnya pun kian beragam, mulai dari menang undian, lowongan kerja, hingga undangan untuk menyelesaikan misi dengan iming-iming hadiah senilai jutaan rupiah. 

Baru-baru ini percobaan penipuan melalui pesan WhatsApp tersebut menyasar Senandung Nacita. Presenter kenamaan sekaligus anak pertama dari aktor senior Deddy Mizwar ini mengaku pernah mendapatkan pesan berupa informasi hoaks. Informasi itu ia dapatkan melalui nomor WhatsApp pribadinya. 

“Awalnya ada yang chat lewat WA nomor tidak dikenal. Yaudah aku sempet balas chat itu, karena kupikir mungkin dari rekan kerja atau keluarga. Setelah aku balas, nomor tidak dikenal ini kirim chat balik yang isinya mengatasnamakan (tim) SDM dari Shopee. Aku sih udah curiga ya, soalnya pake nomor yang nggak verified,” ungkap Nacita. 

Baca juga: Shopee Gandeng Siberkreasi Ajak Masyarakat Mulai Terbiasa Cek Fakta

Nacita pun tidak menggubris pesan WhatsApp tersebut. Namun, keesokan harinya ia kembali mendapatkan chat dari nomor yang sama. 

“Si pengirim ini chat lagi, tapi aku abaikan karena cuman chat ‘halo’. Menurutku aneh banget kan cuman chat halo, nggak sesuai sama tata cara komunikasi resmi yang pasti dilakukan sama perusahaan besar seperti Shopee,” imbuhnya. 

Perempuan kelahiran Jakarta tersebut kemudian memutuskan untuk memblokir pesan WhatsApp tidak dikenal yang berusaha menipunya. Belajar dari pengalaman yang dialaminya, Nacita juga aktif mengedukasi kerabat terdekat untuk selalu update dengan modus penipuan yang berkembang. 

BERITA REKOMENDASI

“Aku sering forward pesan ke grup keluarga, ini loh modus-modus penipuan kayak menang undian atau dapet cashback, udah nggak usah dibalas chatnya.” 

Untuk menghindari modus penipuan yang sering beredar melalui nomor pribadinya, Nacita memiliki kiat-kiat untuk memastikan informasi yang ia dapatkan sebuah fakta atau bukan. 

“Nah aku ada grup ibu-ibu yang juga sering dapet informasi hoaks yang mengatasnamakan institusi tertentu. Di grup itu kita suka bertukar info, eh ini beneran nggak ya? Emang kan modusnya suka ganti-ganti gitu ya, jadi kita saling cek kebenarannya.” tutur Nacita. 

Baca juga: Bantu Pengguna Validasi Kebenaran Informasi, Shopee Memperkenalkan Fitur Cek Fakta

Nacita Ajak Cek Fakta untuk Hindari Penipuan Online 

Nacita membagikan langkah paling awal agar terhindar dari penipuan online yakni dengan selalu cek nomor pengirimnya. Dirinya juga memanfaatkan fitur Cek Fakta, sebuah fitur baru di menu “Chat dengan Shopee”. Saat menggunakan fitur ini, Nacita merasa terbantu agar bisa terhindar dari penipuan online, terutama yang mengatasnamakan Shopee. 

“Sekarang kita bisa langsung cek di fitur Cek Fakta di aplikasi Shopee, aku juga share ke grup ibu-ibu buat pakai fitur ini sebagai langkah preventif hindari penipuan,” ujar Nacita. 

“Yang aku suka dari fitur Cek Fakta ini, selain kasih tips agar tidak menyebarkan data pribadi kita kepada nomor tidak dikenal, kita bisa langsung chat Customer Service Shopee kapanpun untuk cek kebenaran informasi karena akan dijawab real time selama 24 jam. Jadi bikin kita bisa mendapatkan kepastian dengan cepat supaya aman,” jelas Nacita. 

Selalu update dengan informasi terkini termasuk berbagai modus penipuan yang semakin variatif menurutnya adalah hal yang paling penting. 

“Aku yakin semua informasi terpercaya dibagikan lewat semua akun resmi Shopee yang terverifikasi, ” imbuhnya. 

Baca juga: Aurel Hermansyah di Puncak Kampanye Shopee 9.9, Jual Lebih dari 16 Ribu Produk Lewat Shopee Live

Fitur Cek Fakta jadi salah satu yang membuat pengalaman Nacita selalu Xtra Aman dalam berbelanja di Shopee. Berkat keamanan saat berbelanja tersebut dirinya sampai-sampai menjadi Member Platinum Shopee. 

“Selain memang Shopee punya regulasi keamanan yang baik, aku juga suka seller di Shopee karena terpercaya dan amanah,” katanya. 

Pengalaman serta tips yang dibagikan oleh Nacita ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran serta kewaspadaan masyarakat akan modus-modus penipuan online dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Yuk, budayakan Cek Fakta semua informasi yang diterima dari nomor tidak dikenal.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas