Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Masih Keliru Susu Kental Manis Bukan Susu? Cek Faktanya!

Mudah dikreasikan bersama dengan bahan lain seperti matcha, apakah benar susu kental manis bukan susu? Ini fakta yang sebenarnya.

Penulis: Fransisca Andeska
Editor: Anniza Kemala
zoom-in Masih Keliru Susu Kental Manis Bukan Susu? Cek Faktanya!
Shutterstock
Dapat dikreasikan menjadi berbagai menu sarapan, ini 3 kreasi menu sarapan matcha yang dipadukan susu kental manis. 

TRIBUNNEWS.COM - Susu kental manis adalah salah satu bahan pangan yang sangat populer dan sering ditemui dalam beragam kreasi kuliner Indonesia. Meski produk ini kerap dijadikan bahan pelengkap bersama dengan bahan makanan lain yang dapat menambah cita rasa, tidak sedikit orang yang masih keliru bahwa susu kental manis bukan susu

Apakah memang benar susu kental manis bukan susu? Nyatanya, sebagian masyarakat masih keliru menganggap susu kental manis bukan susu. Padahal, anggapan tersebut kurang tepat, mengapa? 

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menegaskan bahwa susu kental manis adalah produk yang mengandung susu dan termasuk dalam kategori susu. Pernyataan itu makin diperkuat dengan Perka BPOM Regulasi No.21/2016 dan Codex Alimentarius Commission (CAC) bahwa susu kental manis adalah produk susu yang telah diolah dengan menghilangkan sebagian air dari campuran susu dan gula hingga menghasilkan tingkat kepekatan tertentu. 

Dengan kata lain, anggapan bahwa susu kental manis bukan susu kurang tepat karena bahan serbaguna ini merupakan produk olahan susu yang aman untuk dikonsumsi. Apalagi, dalam setiap saset susu kental manis terdapat kandungan kalori dengan jumlah rata-rata 130 kkal yang juga dilengkapi dengan zat gizi makro dan mikro. 

Tak hanya itu, bahan pelengkap juga dapat membantu kamu dan keluarga untuk memenuhi kebutuhan kalori harian. Namun, perlu diingat, bahwa produk susu ini bukanlah satu-satunya sumber gizi untuk memenuhi kebutuhan energi. Maka dari itu, kamu perlu melengkapinya dengan mengonsumsi makanan bergizi lainnya serta aktif berolahraga. 

Resep kreasi matcha dengan susu kental manis untuk sarapan 

Nama Matcha tentunya sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta kuliner. Kreasi menu sarapan dengan bahan yang satu ini memang cukup populer di kalangan anak muda, sebut saja matcha cheese tea dan kue cubit matcha, yang ternyata terasa makin lezat jika dikombinasikan dengan susu kental manis!

BERITA REKOMENDASI

Matcha memiliki rasa yang unik dan khas karena rasa creamy yang berasal dari tehnya.  Proses pengolahan matcha pun juga sama spesialnya seperti susu kental manis, yakni menggunakan daun dari teh hijau yang sudah melalui proses khusus agar menghasilkan bubuk matcha. 

Nah, berikut adalah beberapa resep kreasi matcha dengan susu kental manis yang patut untuk dicoba. 

1. Roti bakar matcha

Ingin roti bakar yang berbeda dari biasanya? Roti bakar matcha bisa menjadi salah satu pilihan kreasi menu sarapan yang praktis untuk dibuat, dan akan makin lezat apabila diberi tambahan topping susu kental manis. 

ilustrasi roti bakar matcha kental manis

Bahan: 

  • 4 lembar roti tawar 
  • Bubuk matcha secukupnya
  • 2 sdm susu kental manis 
  • 2 sdm mentega 

Cara membuat: 

  1. Siapkan roti tawar, olesi bagian dalam roti dengan susu kental manis
  2. Taburkan bubuk matcha secukupnya di bagian dalam roti
  3. Olesi sisi luar roti dengan mentega
  4. Panggang roti hingga matang di kedua sisi
  5. Setelah matang, potong roti sesuai selera
  6. Taburkan kembali bubuk matcha di bagian atas roti

Nah, kreasi roti bakar matcha siap untuk dinikmati sebagai menu sarapan praktis di pagi hari. 

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas