Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Stimulasi Tumbuh Kembang Motorik Bayi dan Memilih Popok yang Tepat untuk Kesehatan Optimal

Perkembangan motorik adalah aspek penting dari tumbuh kembang bayi, mencakup kemampuan untuk bergerak dan mengontrol gerakan tubuh.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willem Jonata
zoom-in Stimulasi Tumbuh Kembang Motorik Bayi dan Memilih Popok yang Tepat untuk Kesehatan Optimal
Freepik
ILUSTRASI. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perkembangan motorik adalah aspek penting dari tumbuh kembang bayi, mencakup kemampuan untuk bergerak dan mengontrol gerakan tubuh.

Penelitian yang dilakukan oleh New York University dalam Go Naked: Diapers Affect Infant Walking disimpulkan popok menimbulkan gangguan di antara kaki sehingga membuat anak sulit berjalan dan dapat mempengaruhi pergerakan kaki, keseimbangan, dan posisi anak saat belajar berjalan.

"Popok dapat menghambat gerakan seorang anak berjalan karena menghasilkan “bulk” diantara kedua tungkai bawah yang menyebabkan anak kesulitan mengatur keseimbangan dan semakin memperberat wide stance (pijakan yang lebar) pada anak yang sedang belajar jalan," demikian hasil penelitian. 

Popok juga menyebabkan beban yang besar di antara kedua kaki, yang berpotensi memperburuk keseimbangan dan posisi tubuh bayi yang kurang baik.

Diketahui berjalan dipengaruhi oleh popok kain kuno bahkan popok sekali pakai modern yang biasa dipakai oleh sebagian besar bayi dalam sampel mengakibatkan biaya yang lebih besar dibandingkan dengan berjalan tanpa menggunakan popok.

Bayi menunjukkan pola berjalan yang kurang matang dan lebih banyak salah langkah dan jatuh saat mengenakan popok sehingga popok bayi sendiri merupakan gangguan biomekanik yang sedang berlangsung saat belajar berjalan.

BERITA TERKAIT

Selain itu, pergeseran dalam praktik pemakaian popok mungkin telah berkontribusi pada perbedaan historis dan lintas budaya dalam berjalan pada bayi.

Terkait hal tersebut, PT Multi Medika Internasional Tbk mengadakan  kampanye baru guna meningkatkan kesadaran akan pentingnya stimulasi tumbuh kembang motorik bayi dan pemilihan popok yang tepat.

"Menghadapi kondisi ini, selain stimulasi yang tepat, pemilihan popok yang sesuai berperan penting dalam mendukung kenyamanan dan kesehatan bayi," kata CEO PT Multi Medika Internasional Tbk, Mengky Mangarek 

Dikatakannya, popok yang baik harus memberikan kenyamanan maksimal, memiliki daya serap tinggi dan bebas dari bahan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan iritasi kulit.

"Popok yang nyaman dan aman sangat penting bagi kesehatan dan kenyamanan bayi dan seiring perkembangan, hadir teknologi triple core SAP untuk memastikan bayi tetap kering dan nyaman sepanjang hari, mendukung mereka untuk bergerak bebas dan aktif," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas