Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Teks Khutbah Jumat, 30 Agustus 2024: Cara Menghadapi Masalah Hidup, Ikhtiar dan Tawakkal

Contoh teks khutbah Jumat dengan tema cara menghadapi masalah hidup, ikhtiar dan tawakkal, bekal yang terbaik untuk menjalani kehidupan dewasa ini.

Penulis: Muhammad Alvian Fakka
Editor: Bobby Wiratama
zoom-in Teks Khutbah Jumat, 30 Agustus 2024: Cara Menghadapi Masalah Hidup, Ikhtiar dan Tawakkal
Tribunnews.com/Rachmat Hidayat
Jemaah haji asal Indonesia di Masjidil Haram - Contoh teks khutbah Jumat dengan tema cara menghadapi masalah hidup, ikhtiar dan tawakkal, bekal yang terbaik untuk menjalani kehidupan dewasa ini. 

TRIBUNNEWS.COM - Contoh teks khutbah Jumat dengan tema cara menghadapi masalah hidup, ikhtiar dan tawakkal.

Naskah khutbah Jumat Agustus 2024 dalam artikel ini dapat menjadi bekal yang terbaik untuk menjalani kehidupan dewasa ini.

Dalam khutbah Jumat Agustus 2024 ini diterangkan bahwa umat islam dapat menghadapi masalah dengan berusaha menyelesaikannya dengan cara yang baik.




Khotib dapat mengajak umat Islam untuk berusaha meningkatkan kualitas ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Adapun contoh teks khutbah Jumat ini dapat dibacakan ketika khutbah salat Jumat hari Jumat, 30 Agustus 2024.

Simak contoh khutbah jumat berikut ini, dilansir dari laman Pondok Pesantren Tebuireng.

Khutbah Jumat: Kunci Menghadapi Masalah Hidup, Ikhtiar dan Tawakkal

الحَمْدُ لِلهِ الذِيْ وَفَّقَ مَنْ شَاءَ مِنْ عِبَادِهِ لِمَكَارِمِ الأَخْلَاقِ، وَهَدَاهُمْ لِمَا فِيْهِ فَلَاحِهِمْ وَسَعَادَتِهِمْ فِيْ الدُنْيَا وَيَوْمَ التَلَاقِ
وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، الملك الكريم الخلاق، وأشهد أن محمدًا عبده ورسوله أفضل الخلق على الإطلاق، صلى الله عليه وعلى آله وأصحابه ومن تبعهم بإحسان، وسلم تسليمًا اَمَّا بَعْدُ اُوْصِي نَفْسِيْ وَاِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ المُتَّقُوْنَ

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Pada kesempatan yang sangat mulia ini, saya berwasiat untuk diri saya sendiri khususnya, serta kepada para jamaah agar kita senantiasa berusaha meningkatkan kualitas ketakwaan kita kepada Allah. Dengan menjalankan apa yang diperintahkan dan meninggalkan apa yang dilarang. Karena takwa merupakan bekal yang terbaik bagi kita menjalani kehidupan ini, termasuk kehidupan di akhirat kelak.

BERITA TERKAIT

Allah SWT berfirman:

وَمَن یَتَّقِ ٱللَّهَ یَجۡعَل لَّهُۥ مَخۡرَجࣰا وَیَرۡزُقۡهُ مِنۡ حَیۡثُ لَا یَحۡتَسِبُۚ وَمَن یَتَوَكَّلۡ عَلَى ٱللَّهِ فَهُوَ حَسۡبُهُۥۤۚ إِنَّ ٱللَّهَ بَـٰلِغُ أَمۡرِهِۦۚ قَدۡ جَعَلَ ٱللَّهُ لِكُلِّ شَیۡءࣲ قَدۡرࣰا

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya,Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.” (Q.S. Ath-Thalaq: 2-3)

Takwa merupakan jalan bagi kita ketika kita menghadapi kesulitan hidup. Ketakwaan itu membuka jalan dari Allah SWT sehingga muncul solusi dari segala permasalahan di kehidupan.

Bahkan di dalam ayat ini ditegaskan ketika orang mengalami kesulitan rezeki dalam kehidupan sehari-hari, maka takwa adalah solusi.

Baca juga: Contoh Teks Khutbah Jumat: Membentuk Sosok Pemimpin yang Diteladani

Sebab dengan takwa Allah akan memberi rezeki pada orang tersebut dari jalan yang tidak disangka-sangka.

Permasalahan dalam kehidupan merupakan sebuah keniscayaan. Setiap dari kita pasti memiliki masalah dalam hidup. Tidak ada seorang pun di dunia ini yang terhindar dari masalah.

Entah dia itu kaya atau miskin, berilmu atau tidak. Masalah merupakan cara Allah menguji hamba-Nya untuk menilai siapa di antara hamba-Nya yang baik amalnya.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas