Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Tiga Tips Aman Memilih Skincare Menurut Praktisi Klinik Kecantikan

Praktisi kecantikan David Lee Thompson berpendapat, persaingan bisnis skincare dengan promosi berlebihan sudah tak sehat sehingga konsumen dirugikan.

Penulis: Anita K Wardhani
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Tiga Tips Aman Memilih Skincare Menurut Praktisi Klinik Kecantikan
dok.
Praktisi klinik kecantikan David Lee Thompson. 

 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perempuan modern saat ini bisa dikatakan tak bisa lepas dari skincare karena dipercaya membantu meningkatkan rasa percaya diri melalui perawatan kulit wajah lebih glowing dan awet muda.

Keyakinan tersebut membuat banyak produk perawatan kulit dan wajah sangat diminati masyarakat, mulai dari jsnis sabun cuci wajah, toner, serum, moisturizer, sunscreen, essence, hingga krim mata.

Peredaran skincare ini sangat mudah ditemukan mulai dari toko offline, hingga di platform digital. Sebagian diantaranya, dipromosikan dengan cara masif dan cenderung berlebihan.

Beberapa diketahui menggunakan jasa influencer untuk membangun opini dan mempengaruhi persesi masyarakat baik melalui fake order agar terlihat laris, hingga penggunaan buzzer yang membuat konsumen kesulitan mengidentifikasi review asli dari konsumen, atau merupakan rekayasa. 

David Lee Thompson, atau yang akrab disapa DLT, praktisi klinik kecantikan berpendapat, persaingan bisnis skincare dengan promosi berlebihan sudah tak sehat sehingga konsumen tak terlindungi.

Dia menemukan ada kecenderungan di kalangan pelaku industri ini yang melebih-lebihkan kandungan dalam sebuah produk kecantikan. 

BERITA REKOMENDASI

“Saya tidak tahan melihat konsumen di Indonesia tertipu oleh produk-produk yang overclaim dan overprice," kata dia dalam keterangan tertulis dikutip Jumat, 4 Oktober 2024.

Dia mengatakan, karena kebutuhan skincare sedang hype, banyak konsumen yang tidak sadar mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk suatu produk. "Tapi mereka tidak mendapatkan manfaat yang sesuai dengan yang mereka bayar,” terang David Lee Thompson.

Dia juga menjelaskan bahwa tren overclaim ini juga seringkali ditambahkan dengan teknik marketing yang tidak etis. 

David Lee menjelaskan berdasar pengalamannya terjun di bisnis sebetulnya biaya produksi dengan menggunakan bahan produk-produk beauty berkualitas tidaklah semahal yang dijual oleh beberapa produk yang ada di pasaran saat ini. 

Baca juga: Jangan Cuma Lihat Kandungan, Cek Label dan Izin Edar Pastikan Skincare Aman Bagi Kulit

"Menurut saya terpenting dari pembuatan produk-produk beauty itu hanya pemilihan kandungan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kulit konsumen Indonesia dan dilakukan sesuai dengan prosedur dan regulasi yang sudah ada,” terangnya.

Karena itu, pihaknya berupaya mengedukasi agar para ‘beautymania’ mendapatkan pemahaman yang tepat tentang skincare.

Baca juga: Bahaya Ikut Tren Baru Meracik Skincare Sendiri Do It Yourself Skincare yang Harus Diketahui

Dia membagikan tiga tips aman berbelanja skincare.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas