Tribun

Koalisi Partai Politik

Sosok Anies Baswedan Selaras dengan Kriteria Partai Demokrat, Herzaky: Apakah Bersama? Kita Tunggu

Partai Demokrat melihat sosok Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan punya pandangan yang selaras dengan beberapa kriteria dari partai pimpinan AHY.

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Sosok Anies Baswedan Selaras dengan Kriteria Partai Demokrat, Herzaky: Apakah Bersama? Kita Tunggu
Mario Christian Sumampow
Kepala Badan Komunikasi Strategi Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra ditemui di Kantor DPP Demokrat, Jakar Pusat, Senin (3/10/2022) siang. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Demokrat melihat sosok Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan punya pandangan yang selaras dengan beberapa kriteria dari partai yang diketuai oleh Ketua Umum Agus Harimurti yudhoyono (AHY) ini. 

Namun apakah keselarasan ini bakal membuat Partai Demokrat menjadikan AHY sebagai calon sebagai pendamping Anies, jawaban tersebut masih belum dipastikan oleh Partai Demokrat sendiri.

“Melihat sosok mas Anies selaras dengan beberapa kriteria yang pernah kami sampaikan. Tapi, apakah kemudian bersama? Ya, kita tunggu,” ujar Kepala Badan Komunikasi Strategi Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra kepada awak media di Kantor DPP Demokrat, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022) siang.

Lebih lanjut, Herzaky mengatakan, kesamaan pandangan dan kedekatan ini terlihat jika AHY melakukan diskusi dengan Anies. Prosesi dialog tersebut disebut Herzaky tampak begitu seru dan saling mengisi satu sama lain.

“Kedekatan, sangat dekat. Komunikasi sering diskusi. Jadi kalau misalnya, kami melihat mas AHY dan mas Anies bertemu kalau berdialog atau berdiskusi itu seru. Seperti dua pendekar di tingkat tertinggi lagi jejal pukulan. Tapi saling mengisi satu sama lain,” jelas Heraky.

Tak hanya dengan Anies, kedekatan AHY juga tampak intim dengan Ketum NasDem Surya Paloh, lanjut Herzaky menjelaskan.

Meski ada beberapa titik perbedaan pandangan, hal tersebut dirasa lumrah oleh Herzaky sebab merupakan proses dalam berpolitik.

“Sama kayak Mas AHY dan Mas Surya Paloh itu juga enak senyumnya. Bercandanya. Yang kita harapkan begini lah politik. Kalau kata Pak Surya Paloh kan politik riang gembira. Kalau kata Mas AHY itu politik boleh beda tujuan, tapi tetap bersahabat,” ujar Herzaky.

“Misalnya beda pandangan. Beda cara, tapi tetap bersahabat dan tentunya buat kebaikan juga. Mas AHY sudah menyampaikan berulang kali, kami ingin semangat perubahan dan perbaikan benar-benar bisa diwujudkan nanti di 2024,” tambahnya. 

Diketahui, Anies baru saja dieklarasikan sebagai calon presiden untuk Pemilu 2024 mendatang oleh partai besutan Surya Paloh.

Baca juga: Sambut Baik Deklarasi NasDem, Jubir Demokrat: Anies dan AHY Intim

Surya Paloh meyakini Anies merupakan pilihan yang terbaik. Surya juga percaya Indonesia menjadi negara yang bermartabat jika Anies terpilih menjadi Presiden RI.

"Kami ingin menitipkan perjalanan bangsa ini ke depan bangsa ke depan, insya Allah jika saudara Anies Rasyid Baswedan terpilih jadi presiden nanti, pimpinlah bangsa ini jadi bangsa yang lebih bermartabat, bangsa yang mampu membentuk karakter daripada bangsa ini sejatinya," ujarnya.

Surya mengungkapkan pembangunan bangsa Indonesia tidak hanya dilakukan melalui aspek fisik semata melainkan pembangunan karakter.

"Itu diperlukan dan akan kita perlukan yang tidak kalah lagi diperlukan adalah nation and character building membangun karakter bangsa," ungkapnya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas