Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengamat Nilai KIB Akan Realistis Usung Kandidat Calon Presiden yang Berpeluang Besar Menang

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno memprediksi, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan mengusung komposisi capres dan caw

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Pengamat Nilai KIB Akan Realistis Usung Kandidat Calon Presiden yang Berpeluang Besar Menang
Tribunnews.com/Chaerul Umam
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Partai Golkar, PAN, dan PPP akan menggelar pertemuan lanjutan untuk membahas babak berikutnya setelah memaparkan visi misi menghadapi Pemilu 2024. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno memprediksi, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan mengusung komposisi calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dari internal dan eksternal.

Namun, kata Adi, KIB akan lebih realistis untuk mengusung calon yang potensial menang. 

"Siapapun itu nantinya baik dari internal atau eksternal. Dari segi elektabilitas calon eksternal lebih kuat," kata Adi, kepada wartawan, Rabu (26/10/2022).

KIB sendiri tengah berkonsolidasi jelang pertemuan mereka di Bulan November nanti yang disebut-sebut akan mengumumkan Capres KIB

Menurut Adi, langkah cepat KIB untuk menyikapi dinamika politik saat ini untuk menjaga momentum. 

"KIB tentunya ingin tunjukkan soliditas koalisi ke publik. Ini penting bagi kib untuk terus menjaga momentum dan semangat politik mesin politik mereka. Dengan talkative itu ingin memastikan sebagai koalisi yang terus panas menuju 2024," ujarnya.

BERITA TERKAIT

Sebelumnya, Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengatakan, Presiden Jokowi telah mengetahui kandidat capres KIB. Pun pembicaraan ini juga bersama dengan PAN dan PPP. 

Keterlibatan Presiden Jokowi dalam tubuh KIB makin menguatkan kedekatan keduanya. Sebelumnya Airlangga dipuji Presiden Jokowi sebagai pemimpin dengan jam terbang tinggi. 

Baca juga: Politikus PPP Sebut KIB Lebih Baik Usung Calon Presiden dari Internal

"Sudah jadi rahasia umum bahwa KIB adalah koalisi parpol pendukung jokowi yang segala sesuatunya dikomunikasikan dengan Jokowi. Termasuk urusan capres,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas