Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

NasDem Ancam Siapkan Koalisi Alternatif untuk Usung Anies, Demokrat: Kami Masih Solid

Politisi Demokrat mengaku sejauh ini belum mendengar kabar NasDem akan menyiapkan koalisi alternatif pengusung Anies.

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in NasDem Ancam Siapkan Koalisi Alternatif untuk Usung Anies, Demokrat: Kami Masih Solid
Tribunnews.com/Chaerul Umam
Ketua DPP Partai Demokrat Herman Khaeron. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fersianus Waku

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Badan Pembina Organisasi Keanggotaan dan Kaderisasi DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron, menegaskan rencana Koalisi Perubahan masih sangat solid.

Hal itu merespons Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali yang menyebut akan menyiapkan koalisi alternatif pengusung Anies Baswedan apabila dengan PKS dan Demokrat tak mencapai titik temu.

"Ya saya kira dinamika saja itu. Selama ini kita (Demokrat, NasDem, dan PKS) masih solid lah, masih solid," kata Herman, saat ditemui di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Herman pun mengaku sejauh ini belum mendengar kabar NasDem akan menyiapkan koalisi alternatif pengusung Anies.

"Tidak ada (informasi soal koalisi alternatif), saya kira masih solid. Kami masih membahas kok sampai kemarin masih membahas dengan NasDem, PKS, dan Demokrat," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Partai NasDem akan mempersiapkan alternatif koalisi lain untuk mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres).

Baca juga: Demokrat Ajak Nasdem dan PKS Segera Bentuk Sekretariat Perubahan untuk Usung Anies sebagai Capres

BERITA REKOMENDASI

Hal itu dilakukan jika kesepakatan pembentukan Koalisi Perubahan bersama Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat gagal.

"Ketika kemudian (koalisi) ini terhambat dengan persyaratan yang tidak mungkin kita penuhi, tentunya kita harus punya alternatif-alternatif,” ujar Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali kepada wartawan, Kamis (26/1/2023)

Ali mengatakan saat ini belum ada pihak yang membantu NasDem untuk mendukung Anies maju di Pilpres 2024.

Padahal, Nasdem tak bisa mengusung sendiri karena tak mencukupi syarat pencalonan ambang batas presiden atau presidential threshold.

“Baru Nasdem yang hari ini mendukung Anies, yang lain belum ada pencetusnya. Sekarang kita menunggu,” kata dia.

Soal keinginan Demokrat untuk memasangkan Anies dengan Ketua Umumnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ali menegaskan, jika hal itu dipaksakan, maka Koalisi Perubahan tak akan terbentuk.

“Jadi kalau itu tidak diterima Koalisi Perubahan tidak terjadi, artinya itu saling mengunci. Itu yang sejak awal saya katakan bahwa Nasdem menghindari itu,” kata dia.

Menurutnya, pembahasan kriteria cawapres sebaiknya dilakukan setelah ketiga parpol resmi mendeklarasikan Koalisi Perubahan

“Katakan Nasdem, Demokrat, PKS sama-sama sudah menandatangani kesepakatan mengusung Anies (sebagai) calon presiden, itu namanya koalisi,” pungkas Ali.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas