Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anies Baswedan Jawab Soal Janji Tak Maju Pilpres kepada Prabowo: Saya Ditawari Jadi Cawapres di 2019

Anies menuturkan dirinya juga menunjukkan komitmennya dengan menolak permintaan Prabowo Subianto menjadi calon wakil presiden.

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Anies Baswedan Jawab Soal Janji Tak Maju Pilpres kepada Prabowo: Saya Ditawari Jadi Cawapres di 2019
Taufik Ismail
Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anies Baswedan akhirnya buka suara menjawab soal perjanjian politik yang menyebut ia tak boleh menjadi capres, jika Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto maju di pemilihan presiden (pilpres).

Seperti diketahui, awalnya perjanjian politik itu sempat disinggung oleh Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno.

Menurut Anies Baswedan, perjanjian politik itu sudah selesai, lantaran ia sepakat tak maju di Pilpres.




"Sebenarnya sederhana, saya sampaikan pada waktu saya bekerja, saya akan fokus di jakarta lima tahun."

"Saya akan fokus di Jakarta lima tahun, dan sesudah Pilkada 2017 itu ada Pilpres 2019."

"Jadi saya sampaikan, saya tidak akan tengok kanan kiri, dan saya akan full lima tahun di Jakarta."

"Karena itu saya tidak akan mengikuti pilpres," ujar Anies dalam wawancara bersama Merry Riana di akun YouTube Merry Riana, seperti yang dilihat Tribunnews, Sabtu (11/2/2023).

BERITA TERKAIT

Bahkan, Anies mengaku juga menyatakan tidak akan maju di Pilpres 2019 secara terbuka, saat debat calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2017.

Baca juga: Sudirman Said soal Utang Rp 50 Miliar: Anies Tak Mampu Biayai Kampanye Pilkada 2017, Pinjam Sandiaga

"Bu Merry kalau ingat pada saat debat pertama calon gubernur, pertanyaan pertama dari panelis begini 'Pak Anies, apakah bapak akan maju pilpres atau tidak?"

"Loh begini, gubernur kok ditanyain pilpres? Saya bilang no. saya akan di jakarta, dan itu ada rekamannya, karena itu debat dan rekamannya ada. Jadi sesederhana itu," jelas Anies.

Anies menuturkan, dirinya pun telah menuntaskan janjinya tersebut untuk menyelesaikan jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta hingga masa jabatannya habis.

"Tuntaskan lima tahun, setelah itu, saya tidak tahu lagi apa yang terjadi. Saya tidak tahu apakah saya akan kembali mengajar, apakah saya kembali meneruskan di pemerintahan."

Kalau di pemerintahan, apakah tetap di Jakarta, apakah tugas yang berbeda. Jadi kita komit lima tahun dan itu sudah disampaikan," tutur Anies.

Bahkan, Anies menuturkan dirinya juga menunjukkan komitmennya dengan menolak permintaan Prabowo Subianto menjadi calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2019.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas