Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ditunjuk Megawati Sebagai Capres 2024, Ganjar Pranowo: Saya Akan Berjuang dengan Baik

Ganjar Pranowo merespon penugasan yang telah diberikan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tersebut.

Penulis: Fahmi Ramadhan
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Ditunjuk Megawati Sebagai Capres 2024, Ganjar Pranowo: Saya Akan Berjuang dengan Baik
TIM PDI PERJUANGAN/
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Prananda Prabowo saat penetapan Capres di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023). PDI Perjuangan melalui Megawati Soekarnoputri menetapkan Ganjar Pranowo sebagai Capres untuk bersaing pada pemilihan presiden 2024 mendatang. TRIBUNNEWS/DPP PDIP 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahmi Ramadhan

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR - Gubernur Jawa Tengah sekaligus calon presiden (Capres) dari PDIP, Ganjar Pranowo merespon penugasan yang telah diberikan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tersebut.

Ganjar diumumkan sebagai Capres  2024 itu digelar di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jum'at (21/4/2023).

Dalam pidatonya itu, Ganjar mengatakan  dirinya akan berjuang usai ditunjuk oleh Megawati sebagai Capres dari partai berlambang moncong banteng tersebut.

"Ibu (Megawati) memberikan amanat kepada saya yang jauh lebih berat. Mudah-mudahan saya mampu, Insya Allah saya akan berjuang dengan baik sebagai Capres RI," ucap Ganjar dalam pidatonya di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jum'at (21/4/2023).

Baca juga: VIDEO Momen Megawati Pakaikan Kopiah Hitam ke Ganjar Pranowo: Tanda Resmi Jadi Capres 2024 dari PDIP

Kendati demikian, dirinya mengakui penunjukannya sebagai Capres 2024 itu merupakan tugas yang cukup berat selama menjadi kader PDIP.

Ganjar menuturkan selama menjadi kader PDIP telah mendapat berbagai tugas mulai dari anggota DPR RI hingga Gubernur Jawa Tengah selama dua periode.

BERITA TERKAIT

"Tentu ini bukan tugas pertama dari partai. Partai memberikan penugasan saya untuk turut serta melahirkan badan penanggulangan bencana, lalu jadi anggota DPR dua periode," ucapnya.

"Dan sampai hari ini memberikan penugasan sebagai Gubernur Jateng dua periode," sambungnya.

Mengenai penetapannya sebagai Capres, ia mengaku akan menghormati dan dan mengikuti serta menjalankan apa yang menjadi pemikiran Megawati.

"Sebagaimana beliau berbicara dalam taraf global, nasional bahkan sampe kecil sampe tingkat lokal gimana bersentuhan dengan rakyat, ini mesti diwujudkan," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, PDIP resmi mengusung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sebagai bakal calon presiden (capres) pada Pemilu 2024 mendatang.

Keputusan ini diumumkan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, pada Jumat (21/4/2023).

"Dengan mengucapkan bismillah, menetapkan Saudara Ganjar Pranowo sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon presiden RI dari PDIP," kata Megawati dalam Rapat DPP Partai ke-140.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bergegas dari Solo, Jawa Tengah menuju Bogor, untuk menghadiri pengumuman capres PDIP.

Jokowi terlihat meninggalkan kediamannya di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo pada Jumat sekitar pukul 10.00 WIB.

Terpisah, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto meminta seluruh anggota dan kader partai agar menyikapi dengan bijak terhadap berbagai capres dan cawapres.

Sebab, Hasto menuturkan Megawati akan mencari momentum yang tepat untuk mengumumkan capres.

“Kami tegaskan kembali bahwa keputusan capres PDIP akan diumumkan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri pada momentum yang tepat," kata Hasto dalam keterangannya, Jumat pagi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas