Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Indikator Politik: Ganjar Teratas Tokoh yang Lanjutkan Kerja Jokowi, Disusul Prabowo dan Anies

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas calon presiden (Capres) 2024.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Indikator Politik: Ganjar Teratas Tokoh yang Lanjutkan Kerja Jokowi, Disusul Prabowo dan Anies
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri (kanan) bersama Calon Presiden 2024 dari PDI Perjuangan dan PPP, Ganjar Pranowo saat menghadiri Kerja Sama Partai Politik PDI Perjuangan dan PPP di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta Pusat, Minggu (30/4/2023). PDI Perjuangan dan PPP resmi melakukan kerja sama politik mengusung Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden pada Pilpres 2024. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas calon presiden (Capres) 2024.

Dalam survei yang dilakukan pada 11-17 April itu, responden ditanyakan tentang tokoh manayang paling mampu melanjutkan kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hasilnya, Gubernur Jawa Tengah yang juga Capres PDIP Ganjar Pranowo berada di positeratas dengan dukungan sebesar 33,2 persen.

“Kami tanya, di antara nama berikut mana yang paling mampu melanjutkan kerja pemerintahan Jokowi, hasilnya ada tiga nama teratas,” kata Peneliti utama Indikator Burhanuddin Muhtadi saat paparan hasil survei secara virtual, Minggu (30/4/2023).

Lalu, menyusul di bawah Ganjar, ada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan dukungan sebesar 30,4 persen.

Menurut Burhanuddin, selisih suara antara Ganjar dan Prabowo itu juga merefleksikan elektabilitas keduanya.

BERITA REKOMENDASI

Lalu, diurutan berikutnya ada eks Gubernur DKI Anies Baswedan dengan suara sebesar 21,5 persen. Kemudian, Menteri BUMN Erick Thohir dengan suara 1,8 persen.

Selanjutnya, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto sebesar 1,7 persen, Ketua DPP PDIP Puan Maharani 1,2 persen, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar 0,3 persen, dan tidak menjawab 9,7 persen.

Sebagai informasi, adapun survei ini dilakukan pada periode 11-17 April 2023. Kemudian populasi survei ini adalah seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menilah ketika survei dilakukan.

Penarikan sample menggunakan metode multistage random sampling. Dalam survei ini, jumlah sample adalah sebanyak 1.220 orang.Sampel berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional dan toleransi kesalahan atau margin of error (MOE) sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden terpilih telah diwawancarai dengan tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas