Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jubir Tim Anies Baswedan Menilai Tak Perlu Bentuk Lembaga untuk Mengatur Suara Relawan

Hendry menekankan bahwa apa yang dilakukan para relawan merupakan gerakan perubahan yang tidak perlu diatur sedemikian rupa.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Jubir Tim Anies Baswedan Menilai Tak Perlu Bentuk Lembaga untuk Mengatur Suara Relawan
Capture Tribun Network
Juru Bicara Tim Bakal Calon Presiden (Capres) Anies Rasyid Baswedan, Hendry Satrio dalam program wawancara khusus secara virtual bersama Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra, Jumat (19/5/2023). Hendry mengatakan tanpa membentuk lembaga untuk menyatukan para relawan pun, mereka bisa mengakomodir suaranya masing-masing terhadap sosok yang dipilihnya, dalam hal ini Anies Baswedan. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Banyaknya relawan pendukung Bakal Calon Presiden (Capres) Anies Rasyid Baswedan atau Anies Baswedan membuat banyak pihak penasaran 'apakah Anies akan membentuk lembaga yang dapat mengakomodir pendukungnya'.

Pembentukan semacam lembaga ini sebenarnya telah dilakukan sebelumnya oleh beberapa pihak, termasuk dengan adanya Relawan Pro Jokowi (Projo) yang merupakan relawan pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca juga: Bakal Kumpul di Istora Senayan, Ini Makna Relawan versi Anies Baswedan




Terkait hal ini, Juru Bicara (Jubir) Tim Anies Baswedan, Hendry Satrio mengatakan bahwa relawan merupakan kekuatan rakyat yang identik bersumber dari akar rumput (grassroot).

Sehingga menurutnya, tanpa membentuk lembaga untuk menyatukan para relawan pun, mereka bisa mengakomodir suaranya masing-masing terhadap sosok yang dipilihnya, dalam hal ini Anies Baswedan.

Pernyataan ini disampaikannya dalam program Wawancara Khusus secara virtual bersama Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra, Jumat (19/5/2023).

"Relawan ini kekuatan rakyat yang sebenarnya, sehingga dengan semangat yang sama tanpa membentuk badan otoritas atau organisasi relawan, maka mereka bisa mengatur dirinya sendiri," kata Hendry, dalam kesempatan tersebut.

BERITA TERKAIT

Hendry kembali menekankan bahwa apa yang dilakukan para relawan merupakan gerakan perubahan yang tidak perlu diatur sedemikian rupa.

Karena yang menjadi penyatu para relawan Anies ini adalah semangat untuk melakukan perubahan.

Baca juga: Ini 4 Kriteria Ideal Cawapres Versi Anies Baswedan

"Karena itu tadi gerakan perubahan bukan mengatur top down, ini gerakan akar rumput, maka sudah sebesar ini pun tidak ada yang mengatur relawan ini. Yang menyatukan kita adalah semangat perubahan," jelas Hendry.

Ia pun memuji peran relawan dalam mendorong semangat bagi tim Anies dalam menyongsong Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Jadi dengan semangat itu kita bekerja dan disemangati oleh relawan hingga hari ini, luar biasa, peran relawan ini saya yakin semakin besar," pungkas Hendry.

Diketahui Minggu (21/5/2023) besok, relawan pendukung Anies Baswedan ini akan melakukan pertemuan besar di Istora Senayan, Jakarta Pusat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas