Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

LSI Denny JA: Airlangga Hartarto Berpeluang Jadi Cawapres Prabowo atau Bentuk Poros Baru

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby menyebut, Partai Golkar dapat memanfaatkan peluang dari para koalisi yang sudah mengusung capres masing-masing.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in LSI Denny JA: Airlangga Hartarto Berpeluang Jadi Cawapres Prabowo atau Bentuk Poros Baru
Istimewa
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby menyebut, Partai Golkar yang merupakan partai terbesar kedua yang dapat memanfaatkan peluang dari para koalisi yang sudah mengusung capres masing-masing.  

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby menyebut, Partai Golkar yang merupakan partai terbesar kedua yang dapat memanfaatkan peluang dari para koalisi yang sudah mengusung capres masing-masing. 

Ada beberapa pilihan yang bisa dimaksimalkan Partai Golkar di pentas Pilpres 2024.

Hal itu menyusul bursa capres, sudah ada tiga nama yang dimunculkan. Pertama, koalisi PDIP yang didukung PPP yang mengusung Ganjar Pranowo. 

Kedua, koalisi Partai Gerindra dan PKB yang kemungkinan besar mengusung Prabowo Subianto.

Ketiga, Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang berisi Partai NasDem, Partai Demokrat dan PKS yang mengusung Anies Baswedan.

Pertama, kata Adjie, Partai Golkar menawarkan Airlangga Hartarto sebagai cawapres pendamping Prabowo Subianto. Di mana, Airlangga akan bersaing keras dengan Erick Thohir dan kandidat cawapres lainnya, namun perlu disepakati oleh Muhaimin Iskandar.

Kedua, Partai Golkar menjadi poros keempat dalam Pilpres 2024 dengan menggandeng PAN. Dalam poros keempat ini, Airlangga Hartarto sebagai capres dan Zulkifli Hasan sebagai cawapres.

BERITA REKOMENDASI

Dia mengatakan, poros keempat masih mungkin terjadi jika PAN gagal mempromosikan Erick Thohir sebagai cawapres Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto dan Airlangga Hartarto gagal jadi cawapres siapapun.

“Tapi bukankah poros keempat ini akan dikalahkan? Itu sudah diperhitungkan dengan harapan Pilpres 2024 berlangsung dua putaran. Walau kalah di putaran pertama, poros keempat akan ikut yang potensial menang di putaran kedua. Mereka tetap bisa ikut perahu pasangan capres lain di putaran kedua,” kata Adjie Alfaraby dalam paparan hasil survei nasional LSI Denny JA di Jakarta, Senin (19/6/2023). 

Ketiga, Airlangga Hartarto tak menjadi capres atau cawapres, tapi akan memperoleh posisi penting dalam kabinet capres terpilih seperti posisi Luhut Binsar Panjaitan di era Presiden Jokowi.

“Kelebihan Airlangga Hartarto membawa Partai Golkar, pengalaman di pemerintahan, sumber dana, dan kekuatan yang jarang dimiliki cawapres lain,” terang dia.

Baca juga: Pengamat Lihat Wajah Airlangga Hartarto Berseri-seri Saat Bacakan Hasil Keputusan Rakernas Golkar

Adjie menuturkan, PDIP sudah memiliki dukungan cukup untuk mencalonkan pasangan capres dan cawapres

Dalam tradisinya, PDIP cenderung memilih cawapres dari tokoh NU yang merepresentasikan Islam.

Nama-nama yang beredar di antaranya Menko Polhukam, Mahfud MD; Gubernur Jawa Timur sekaligus Ketua Umum Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa; dan mantan Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siradj. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas