Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Diisukan Jadi Cawapres Ganjar Pranowo, Pengalaman Militer Andika Perkasa Dinilai Bisa Jadi Pelengkap

Pengamat menilai nama Andika Perkasa paling tepat diusulkan menjadi cawapres pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 nanti.

Penulis: Rifqah
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in Diisukan Jadi Cawapres Ganjar Pranowo, Pengalaman Militer Andika Perkasa Dinilai Bisa Jadi Pelengkap
Tangkap layar kanal YouTube Kompas TV
Eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa di sela-sela acara Puncak Peringatan Bulan Bung Karno 2023 di Stadion Utama GBK, Jakarta, Sabtu (24/6/2023) - Pengamat menilai nama Andika Perkasa paling tepat diusulkan menjadi cawapres pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 nanti. 

TRIBUNNEWS.COM - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto menyebut, mantan Panglima TNI, Jenderal Purnawirawan Andika Perkasa berpeluang menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) Ganjar Pranowo.

Pengamat komunikasi politik, Emrus Perkasa pun mengaku setuju dengan pendapat Hasto tersebut.

Menurutnya, jika dibandingkan dengan sejumlah nama lain yang muncul dalam bursa cawapres Ganjar, Andika dinilai lebih tepat mendampingi bacapres dari PDIP itu.

"Dibanding nama-nama yang diperbincangkan di ruang publik, Jenderal (Purn) Andika Perkasa lebih pas dan tepat menjadi bacawapres daripada yang lain," kata Emrus kepada wartawan, Kamis (20/7/2023).

Terlebih lagi, pengalaman Andika di bidang militer yang dinilai bisa melengkapi kepemimpinan Ganjar ketika terpilih di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 nanti.

Dimana, Andika paham mengenai pengelolaan pertahanan dan keamanan dalam negeri, sehingga memahami betul soal pengelolaan geopolitik dan geostrategi pertahanan dan keamanan.

Baca juga: Beri Materi Pelatihan Jurkam, Andika Perkasa Ungkap Modal Ganjar dari Sisi Kejujuran dan Integritas

"Sebab, Andika Perkasa menurut hemat saya, sangat paham betul tentang pengelolaan pertahanan dan keamanan dalam negeri serta hubungannya dengan dinamika relasi dengan dunia internasional dalam konteks pertahanan," jelasnya.

BERITA REKOMENDASI

"Merujuk pada pengalaman di militer dan pendidikan akademik yang diraih oleh Andika Perkasa tersebut di atas, ia pasti memiliki kemampuan leadership dan managerial yang handal," imbuh Emrus.

Emrus pun menyarankan kepada partai politik (parpol) pendukung Ganjar untuk melamar Andika menjadi cawapres.

"Sebab, Andika Perkasa salah satu putra terbaik negeri ini yang paling pas mendampingi Ganjar Pranowo untuk memimpin Indonesia ke depan sebagai negara kepulauan, luas, yang termasuk jumlah penduduk terbesar di dunia dan sangat multikultur," imbuhnya.

Sosok yang Terpelajar

Dikatakan Emrus, Andika merupakan sosok terpelajar bergelar akademik doktor dan tiga master dari perguruan tinggi bergengsi di dunia.

Adapun, tugas yang pernah diemban Andika yakni dipercaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Komandan Paspampres, Pangkostrad, KSAD hingga Panglima TNI.

"Dari tanggung-jawab dan jabatan tersebut, dapat dipastikan Andika Perkasa memiliki kompetensi yang sangat mumpuni."

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas