Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hadiri HUT PAN, Benarkah Peluang Erick Jadi Cawapres Prabowo Semakin Besar?

Peluang Menteri BUMN Erick Thohir jadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) bagi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada Pilpres 2024 semakin besar.

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Hadiri HUT PAN, Benarkah Peluang Erick Jadi Cawapres Prabowo Semakin Besar?
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Menteri BUMN Erick Thohir saat berada di acara Rangkaian HUT ke-25 Partai Amanat Nasional (PAN) di Kawasan Jakarta, Senin (28/8/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peluang Menteri BUMN Erick Thohir jadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) bagi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada Pilpres 2024 di Koalisi Indonesia Maju semakin besar. 

Hal itu terlihat dari kebersamaan yang tergambar saat Prabowo, Erick Thohir hadir di acara Puncak HUT Ke-25 Partai Amanat Nasional (PAN) yang berlangsung di Jakarta, pada Senin (28/8/2023). 

Pengamat Politik dan Kebijakan Publik Visi Nusantara Maju, Yusfitriadi mengungkapkan kehadiran Erick Thohir dan Prabowo dalam acara tersebut kian menguatkan adanya wacana duet antara Prabowo-Erick Thohir sebagai Capres-Cawapres pada Pilpres 2024 mendatang.

“Kita sama-sama paham bahwa proposalnya PAN itu Cawapresnya Erick Thohir, nah itu juga sedang menggambarkan yang diundang di ultah PAN itu dan itu saya pikir semakin memberikan sinyal kuat bahwa Erick Thohir itu akan di-propose oleh Golkar dan PAN juga,” kata Yusfitriadi, ketika dihubungi wartawan, Selasa (29/8/2023). 

Kendati demikian, Yusfitriadi menambahkan ia tidak terlalu ambil pusing dengan sosok Cawapres yang akan hadir di dalam Koalisi Indonesia Maju tersebut. Menurutnya, koalisi besar itu memang terbentuk atas restu dan juga campur tangan Presiden Jokowi. 

“Kalau saya begini, saya di Koalisi Indonesia Maju ini tidak terlalu khawatir siapapun Cawapresnya, karena siapapun yang disepakati Jokowi maka akan disepakati juga di koalisi itu,” ujar Yusfitriadi. 

Pasangan Prabowo-Erick Thohir di beberapa lembaga survei memang mendapatkan elektabilitas tertinggi. Seperti yang dipublikasikan oleh lembaga survei Voxpol Center Research & Consulting pada periode survei 24 Juli – 2 Agustus 2023. 

BERITA REKOMENDASI

Di dalam simulasi pasangan Capres-Cawapres, pasangan menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi itu berhasil memperoleh dukungan sebesar 39,7 persen. Angka itu lebih tinggi dari yang didapat pasangan Ganjar Pranowo-Khofifah Indar Parawansa dengan 27,5 persen, lalu pasangan Anies Baswedan-Ahmad Heryawan yang hanya mengantongi dukungan sebanyak 22,8 persen. 

Karenanya, Yusfitriadi menekankan, hadirnya Erick Thohir di acara ultah PAN itu semakin menandakan adanya stigma kuat bahwa, PAN, Golkar dan juga Koalisi Indonesia Maju itu akan mendorong Erick Thohir jadi Cawapres dari Prabowo.

“Maka kemudian kondisi ultah kemarin, yang diundang itu Erick Thohir saya pikir itu adalah sebuah stigma kuat, PAN, Golkar dan koalisi itu akan mendorong Erick Thohir jadi Cawapres Prabowo,” katanya.

Baca juga: Peluk Erat Prabowo Supaya Cak Imin Jangan Sampai Lepas, hingga Kode dari Jokowi di HUT PAN

“Dan saya pikir siapapun itu Cawapresnya di koalisi itu pasti akan kira-kira ‘manut’ terhadap endorsenya Jokowi, sudah hampir bisa dipastikan melanjutkan kebijakan dan program Jokowi,” kata Yusfitriadi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas