Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Teka-teki PKB Kemungkinan Hengkang dari Koalisi Prabowo, jika Cak Imin jadi Cawapres Anies

PKB kemungkinan keluar dari Koalisi Indonesia Maju jika Cak Imin mau menerima tawaran Partai NasDem dan bersedia menjadi cawapres Anies Baswedan.

Penulis: Galuh Widya Wardani
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Teka-teki PKB Kemungkinan Hengkang dari Koalisi Prabowo, jika Cak Imin jadi Cawapres Anies
Tribunnews.com/Naufal Lanten
Wakil Ketua DPR RI Bidang Kesejahteraan Rakyat, Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin , Rabu (28/6/2022) - PKB keluar dari Koalisi Indonesia Maju jika Cak Imin bersedia menerima tawaran Partai NasDem menjadi cawapres Anies Baswedan, akan pamit ke Prabowo 

TRIBUNNEWS.COM - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kemungkinan keluar dari Koalisi Indonesia Maju jika Ketua Umum Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bersedia menjadi cawapres Anies Baswedan.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid setelah rapat pleno partainya di Kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat (1/9/2023) siang.

"Dengan sendirinya (kemungkinan PKB keluar dari koalisi Partai Gerindra)," ungkap Jazilul dikutip dari Kompas TV.




Kendati demikian, belum ada pembicaraan mengenai rencana PKB keluar dari koalisi yang ia bangun bersama Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golkar.

Lebih lanjut, jika demikian, maka Cak Imin pastinya akan berpamitan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Pabowo Subianto.

Baca juga: Kader Partai Demokrat di Sejumlah Daerah Turunkan Baliho Anies-AHY karena Merasa Dikhianati

"(Sowan ke Prabowo untuk berpamitan) itu teknis," kata Jazilul.

Dijelaskan Jazilul, PKB menyambut baik tawaran Partai NasDem yang berencana akan menduetkan Anies Baswedan dengan Cak Imin.

BERITA TERKAIT

Meski rapat pleno para petinggi PKB digelar cukup alot, namun hasil dari rapat semuanya menyambut baik tawaran kerjasama dari Partai NasDem.

"Yang jelas tadi dinamikanya sangat alot, masing-masing juga memberikan argumentasi baik dari Syuro maupun Tauhid, dan pada ujungnya kan dilakukan finalisasi, tapi intinya semua menyambut baik tawaran dari Partai NasDem ini," lanjut Jazilul.

Kendati demikian, masih ada agenda finalisasi dengan para Kyai yang akan dilakukan di Surabaya, pada Sore hari nanti sekira pukul 15.00 WIB.

"Pleno menyambut baik tawaran kerjasama dari NasDem dan tentu tawaran kerjasama ini akan didetailkan atau difinalisasi dengan rapat yang lebih luas, baik dengan PKB atau pihak lain, termasuk juga konsultasi dengan para Kyai di Surabaya, Jumat hari ini sekira jam 15.00 WIB, tunggu keputusan rapat nanti sore," ungkap Jazilul.

Tidak dijelaskan secara detail alasan mengapa PKB berencana berpindah haluan.

Namun, keputusan ini dipilih PKB tidak lain untuk menjunjung martabat PKB sebagai partai ideologis.

"Ini tidak ada pembicaraan keluar dari koalisi, tapi kita akan tetap melakukan sesuatu untuk martabat partai PKB sebagai partai ideologis," kata salah seorang petinggi PKB.

Baca juga: Pasca Anies Pilih Cak Imin, PPP Ajak Demokrat dan PKS Gabung Dukung Ganjar

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas