Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ada Mantan Kepala Basarnas hingga Eks Stafsus KSAU Dukung Anies Baswedan Sebelum Demokrat Hengkang

Namun, deklarasi dukungan dilakukan saat Partai Demokrat dibawah kepemimpinan ketua umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) masih di Koalisi Perubahan.

Penulis: Wahyu Aji
zoom-in Ada Mantan Kepala Basarnas hingga Eks Stafsus KSAU Dukung Anies Baswedan Sebelum Demokrat Hengkang
Tangkap layar akun YouTube KompasTV
Bakal calon presiden Anies Baswedan didukung ratusan purnawirawan TNI dan Polri maju di Pilpres 2024. Dukungan diberikan sebelum Partai Demokrat merasa dikhianati karena Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dikawinkan jadi cawapres Anies di Pilpres 2024. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bakal calon presiden Anies Baswedan didukung ratusan purnawirawan TNI dan Polri maju di Pilpres 2024.

Namun, deklarasi dukungan dilakukan saat Partai Demokrat dibawah kepemimpinan ketua umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) masih di Koalisi Perubahan.

AHY diketahui adalah mantan perwira TNI Angkatan Darat dengan pangkat terakhir Mayor.




Belum diktahui bagaimana nasib dukungan purnawirawan TNI-Polri setelah Partai Demokrat tarik dukungan untuk Anies Baswedan.

Diketahui salah satu pemicu Demokrat tarik dukungan untuk Anies adalah, karena Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, secara mengejutkan memilih Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, sebagai calon wakil presiden pendamping Anies.

Kesepakatan ini telah memicu kemarahan dari pihak Partai Demokrat, yang merasa dikhianati oleh NasDem dan Anies.

80 jenderal deklarasi dukung Anies di Cikeas

BERITA TERKAIT

Lebih dari 80 jenderal atau perwira tinggi (pati) purnawirawan TNI Polri Sabtu (1/4/2023) mendatangi Cikeas, Jawa Barat, untuk bersilaturahmi dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Para jenderal dari matra darat, laut, udara dan kepolisian ini mengaku sebelum menyambangi Cikeas, sudah terlebih dulu mendatangi Lebak Bulus, kediaman Anies Baswedan.

Puluhan jenderal purnawirawan TNI Polri dalam sesi foto bersama dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Para jenderal itu mendukung Anies-AHY maju Pilpres 2024.
Puluhan jenderal purnawirawan TNI Polri dalam sesi foto bersama dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Para jenderal itu mendukung Anies-AHY maju Pilpres 2024. (Istimewa)

Dalam kegiatan silaturahmi yang dibalut dengan acara buka puasa bersama itu, masing-masing perwakilan matra menyampaikan aspirasinya.

Pertama, pati purnawirawan matra darat diwaklili oleh Letjen TNI Purn R Ediwan Prabowo SIp. Jabatan terakhir Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan.

Kedua, matra laut diwakili oleh Laksdya TNI Purn Dr Deddy Muhibah Pribadi SH MAP, mantan Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI.

Ketiga, matra udara diwakili oleh Marsdya TNI Purn Muhammad Syaugi Alaydrus SSos MM, mantan Kepala Badan SAR Nasional.

Terakhir, perwakilan Polri adalah Brigjen Pol (P) Drs Eldi Azwar MAP, mantan petinggi di Baharkam Polri.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas