Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tinggalkan Anies, Demokrat 'Laku' Gabung Kubu Prabowo maupun Ganjar, Wasekjen: Berkat Komunikasi AHY

Partai Demokrat menjalin komunikasi politik dengan kubu Prabowo Subianto maupun Ganjar Pranowo, setelah batal dukung Anies.

Penulis: Wahyu Gilang Putranto
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Tinggalkan Anies, Demokrat 'Laku' Gabung Kubu Prabowo maupun Ganjar, Wasekjen: Berkat Komunikasi AHY
Kolase Tribunnews/Kompas
Safari politik Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berjumpa dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto; dan Ketua DPP PDIP, Puan Maharani. 

TRIBUNNEWS.COM - Partai Demokrat menjalin komunikasi politik dengan kubu Prabowo Subianto maupun Ganjar Pranowo, setelah batal mendukung Anies Baswedan sebagai bakal capres di Pilpres 2024.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Partai Demokrat, Agust Jovan Latuconsina, mengamini partai berlambang Mercy itu didekati baik dari koalisi partai PDIP maupun Gerindra.

Menurutnya, ini tidak terlepas dari komunikasi politik yang dilakukan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Alhamdulillah, kami juga tidak mau GR, tidak mau gede rasa, tapi Insya Allah dengan silaturahmi politik yang dilakukan Ketum kami sejak beliau menjadi ketua umum pada 2020, beliau sudah mempunya program Silaturahmi 360, artinya melaksanakan silaturahmi, komunikasi, ke segala arah."

"Baik dengan partai politik sahabat, pemuka agama, dengan institusi, semua dilakukan," ungkap Jovan dalam dialog Overview Tribunnews, Kamis (8/9/2023).

Aktifnya AHY dalam komunikasi politik dinilai membuat Demokrat tidak kesulitan menghadapi manuver politik seperti yang terjadi belakangan ini.

"Dan inilah kita mendapatkan hasilnya, tertutup di satu tempat, terbuka tempat dan peluang di tempat lain, ini karena komunikasi yang baik yang kami lakukan sejak awal," ujar Jovan.

Baca juga: Mau Dukung Prabowo atau Ganjar, Demokrat Punya Peluang Besar Dapat Kursi Menteri di 2024

AHY Sudah Bertemu Prabowo dan Puan

BERITA REKOMENDASI

Diketahui, AHY sudah melakukan perjumpaan dengan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto; dan Ketua DPP PDIP, Puan Maharani.

Pertemuan AHY dengan Prabowo berlangsung di kediaman Prabowo pada 24 Juni 2022.

Dikutip dari Kompas TV, AHY mengungkapkan isi pembicaraannya dengan Prabowo membahas berbagai hal.

Mulai dari isu-isu global, tantangan ekonomi, hingga isu kebangsaan, dan kerakyatan.

"Kami tadi juga saling bertukar pandangan, berdiskusi tentang berbagai hal, dari isu-isu global terkini, hingga tantangan dunia di bidang ekonomi pasca-pandemi, yang tentunya memiliki dampak-dampak pada Indonesia," kata AHY.

Sementara Prabowo menyatakan dirinya dengan AHY mempunyai komitmen yang sangat kuat dalam memegang teguh Pancasila hingga Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

“Kita pernah kerja sama. Kita punya banyak persamaan ideologis, persamaan visi. Kita sama-sama sangat komitmen, sangat berpegang teguh pada Pancasila, UUD 1945 NKRI, Bhinneka Tunggal Ika,” kata Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) menerima kunjungan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono di kediamannya di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Jumat (24/6/2022).
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) menerima kunjungan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono di kediamannya di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Jumat (24/6/2022). (KOMPAS.com/ACHMAD NASRUDIN YAHYA)

Baca juga: Prediksi 4 Capres-Cawapres di 2024 Jika Ada Poros Baru, Prabowo-Erick, Ganjar-RK hingga Sandiaga-AHY

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas