Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PPP Sebut Bacawapres Ganjar Mengerucut ke 2 Nama, Bagaimana dengan Mrs. X?

Juru PPP, Usman M Tokan atau Donnie Tokan, menyebut bacawapres Ganjar Pranowo sudah mengerucut ke dua nama. Bagaimana dengan Mrs. X?

Penulis: Muhamad Deni Setiawan
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in PPP Sebut Bacawapres Ganjar Mengerucut ke 2 Nama, Bagaimana dengan Mrs. X?
Tangkap layar akun Youtube Najwa Shihab
Bakal calon presiden Ganjar Pranowo dalam acara bertajuk "Bacapres Bicara Gagasan" yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) berkolaborasi dengan salah satu media di Grha Sabha Pramana UGM, Selasa (19/9/2023). Juru PPP, Usman M Tokan atau Donnie Tokan, menyebut bacawapres Ganjar Pranowo sudah mengerucut ke dua nama. Bagaimana dengan Mrs. X? 

TRIBUNNEWS.COM -  Juru Bicara Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Usman M Tokan atau Donnie Tokan, menyebut bakal calon wakil presiden (bacawapres) Ganjar Pranowo sudah mengerucut ke dua nama.

Menurut Donnie Tokan, kedua nama itu ialah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menpolhukam), Mahfud MD serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno.

“Menurut saya cuma tinggal dua itu,” ujar Donnie dilkutip dari Kompas.com, Rabu (27/9/2023).

Baca juga: Wacana Duet Prabowo-Ganjar Berpotensi Timbulkan Kompleksitas terkait Siapa Capres & Siapa Cawapres

Ia melanjutkan bahwa PPP masih konsisten mendukung Sandiaga Uno untuk menjadi bacawapres.

Namun, apabila Megawati Soekarnoputri memilih sosok lain, PPP berharap tokoh tersebut masih bersinggungan dengan mereka.

“PPP masih konsisten mendukung Bang Sandi, tapi misalnya kalau ada pilihan (lain) dari Bu Mega, maka kita (berharap) yang dipilih itu yang beririsan dengan PPP,” tuturnya

“Kalau yang beririsan dengan PPP hari ini 'kan saya cuma mau bilang kawan-kawan wartawan (juga tahu) siapa, tanpa menyebut namanya,” jelas Donnie.

BERITA REKOMENDASI

Dilansir Kompas.com, Donnie juga menyatakan, tak ada figur perempuan yang tengah dipertimbangkan oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, untuk menjadi pendamping Ganjar.

Namun di sisi lain, Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, pernah memberikan kode kemungkinan bacawapres pendamping Ganjar Pranowo adalah Mr. X ataupun Mrs. X.

Bakal Calon Presiden dari PDIP Ganjar Pranowo merespons peluang pertemuan antara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Menurut Ganjar pertemuan para pemimpin partai politik itu bagus agar tidak terjadi pembelahan di masyarakat.
Bakal Calon Presiden dari PDIP Ganjar Pranowo merespons peluang pertemuan antara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Menurut Ganjar pertemuan para pemimpin partai politik itu bagus agar tidak terjadi pembelahan di masyarakat. (Tribunnews.com/Rahmat W Nugraha)

Namun, ketika itu Hasto enggan menjelaskan lebih rinci soal nama bacawapres Ganjar di Pilpres 2024.

Menurut Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saidiman Ahmad, sosok Mr. X dan Mrs. X yang dimaksud Hasto adalah Menkopolhukam, Mahfud MD dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Ia menilai kedua tokoh tersebut adalah kader Nahdlatul Ulama (NU) dan berasal dari Jawa Timur.

Menurutnya, jika melihat sejarah PDIP dalam kontestasi pemilu presiden, partai tersebut selalu menggandeng tokoh NU menjadi cawapres.

Kecuali di Pilpres 2009, yaitu saat Megawati Soekarnoputri berpasangan dengan Ketua Umum, Gerindra Prabowo Subianto.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas