Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Elektabilitas AMIN Masih Rendah, Cak Imin: Belum Tentu Akurasinya Benar, tapi Dijadikan Motivasi

Saat ini elektabilitas pasangan bacapres-bacawapres dari Koalisi Perubahan, yaitu Anies-Cak Imin masih rendah dibandingkan dua pasangan lain.

Penulis: Muhamad Deni Setiawan
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Elektabilitas AMIN Masih Rendah, Cak Imin: Belum Tentu Akurasinya Benar, tapi Dijadikan Motivasi
Tribunnews/Rahmat Fajar Nugraha
Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di acara Pameran Kebudayaan di Tugu Kunstring, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (26/10/2023) malam. Saat ini elektabilitas pasangan bacapres-bacawapres dari Koalisi Perubahan, yaitu Anies-Cak Imin masih rendah dibandingkan dua pasangan lain. 

TRIBUNNEWS.COM - Saat ini elektabilitas pasangan bakal calon presiden (bacapres) dan bakal calon wakil presiden (bacawapres) dari Koalisi Perubahan, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atu Cak Imin, masih rendah.

Berdasarkan beberapa hasil survei, Anies-Cak Imin menempati posisi paling rendah, di bawah Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Menanggapi hal tersebut, Cak Imin menyebut hasil survei akan dijadikan motivasi oleh pasangan Anies-Muhaimin (AMIN).

Baca juga: Hadiri Pameran Seni Melayu, Anies: Kontribusi Terbesar Melayu adalah Bahasa Persatuan

Ia juga berpendapat bahwa hasil survei belum tentu akurasinya benar, tetapi itu tetap harus dijadikan motivasi untuk meraih kemenangan di Pilpres 2024 mendatang.

"Menjadi motivasi, survei adalah bagian dari informasi yang akurasinya belum tentu benar," kata Cak Imin, dikutip dari YouTube Kompas TV, Jumat (27/10/2023).

"Tetapi tetap harus dijadikan motivasi untuk terus merebut kemenangan," tuturnya.

Mengenai elektabilitas yang masih rendah itu, Cak Imin lantas menyatakan timnya akan terus bekerja untuk mengubah kondisi.

BERITA REKOMENDASI

Namun, berdasarkan pengamatannya di akar rumput, antusiasme terhadap AMIN, menurutnya sangat tinggi.

"Terus, kita akan bekerja dan lihat sendiri kondisi masyarakat di grassroots sangat antusias," jelasnya.

Bakal Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden dari koalisi perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar mendatangi Gedung KPU, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023). Pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) menjadi pasangan yang pertama mendaftar di KPU sebagai calon presiden dan wakil presiden pada pemilu 2024. Tribunnews/Jeprima
Bakal Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden dari koalisi perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar mendatangi Gedung KPU, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023). Pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) menjadi pasangan yang pertama mendaftar di KPU sebagai calon presiden dan wakil presiden pada pemilu 2024. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

Hasil Survei

Beberapa hasil survei memang menunjukkan bahwa Anies-Cak Imin masih kalah bersaing dengan Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud.

Misalnya, hasil survei dari Indikator Politik Indonesia menunjukkan bahwa mereka masih cukup jauh tertinggal dari dua pasangan lain.

Survei itu dilakukan mulai 16 sampai 20 Oktober 2023, atau pasca Mahkamah Konstitusi (MK) memberikan keputusan soal gugatan batas usia capres-cawapres.

Jumlah responden dalam survei tersebut sebanyak 2.567. Metode yang dilakukan ialah dengan survei tatap muka.

Dikutip dari tayangan YouTube Kompas TV, berdasarkan hasil survei itu, Anies-Cak Imin memperoleh elektabilitas sebesar 23,7 persen.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas