Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Organisasi Relawan Binaan Luhut Pandjaitan Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran

Organisasi relawan Pandawa Lima binaan Luhut Binsar Pandjaitan mendeklarasikan mendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Organisasi Relawan Binaan Luhut Pandjaitan Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran
Tribunnews.com/ Danang Triatmojo
Organisasi relawan Pandawa Lima binaan Luhut Binsar Pandjaitan mendeklarasikan mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. Deklarasi dukungan ini digelar di Djakarta Theater, Kebon Sirih, Jakarta Pusat pada Jumat (1/12/2023) 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Organisasi relawan Pandawa Lima binaan Luhut Binsar Pandjaitan mendeklarasikan mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Deklarasi dukungan ini digelar di Djakarta Theater, Kebon Sirih, Jakarta Pusat pada Jumat (1/12/2023).

Hadir Capres Prabowo Subianto, adik Luhut Binsar pandjaitan, Nurmala Kartini Sjahrir yang juga sebagai Anggota Dewan Penasehat Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran; Ketua Umum TKN, Rosan Roeslani; Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep; Sekjen PSI, Raja Juli Antoni; Politikus PSI Ade Armando; pelawak Elly Sugigi yang notabene politikus PAN; hingga Penyanyi dangdut Irma Darmawangsa.

Ketua Umum Pandawa Lima, Letjen TNI (purn) Eko Wiratmoko dalam sambutannya menegaskan seluruh relawan Pandawa Lima berkomitmen dan bertekad memenangkan paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

"Saya sebagai ketua umum, menegaskan untuk seluruh relawan pandawa lima untuk berkomitmen dan bertekad menangkan paslon nomor urut 2," kata Eko, di lokasi.

Baca juga: Sambut Debat Capres-Cawapres, Gibran Bakal Kolaborasi dengan Prabowo dan Libatkan Tokoh

Eko juga mengatakan dalam deklarasi ini, turut hadir anak buah dari Prabowo yang pernah mengisi satuan di Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

BERITA TERKAIT

"Izin bapak di sini juga hadir anak buah bapak dari Kopassus," ungkap Eko.

Dalam kesempatan itu, Sekjen Pandawa Lima, Ryano Panjaitan membacakan naskah deklarasi yang intinya menyatakan kesiapsediaan mengawal Prabowo dan Gibran untuk mewujudkan visi - misi program Asta Cita.

Baca juga: Prabowo-Gibran Instruksikan Timsesnya Kampanye Santun dan Larang Serang Paslon Lain

"Pandawa Lima bersama seluruh komponen bangsa yang lain, senantiasa siap sedia mengawal Bapak Prabowo Subianto dan Bapak Gibran Rakabuming Raka untuk mewujudkan seluruh Visi-Misi dan Program Asta Cita bagi seluruh rakyat Indonesia," ungkap Ryano.

Prabowo dalam sambutannya berterima kasih dan merasa terhormat atas dukungan yang diberikan.

"Hari ini saya mendapat kehormatan menerima deklarasi dukungan dari organisasi relawan Pandawa Lima," kata Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra ini mengatakan keterlibatan Pandawa Lima dalam politik merupakan bentuk dari rasa tanggung jawab bagi keberlangsungan bangsa dan negara.

"Bahwa anda mau duduk di sini, anda mau berpikir politik, anda mau berkomitmen, anda mau memilih untuk mendukung salah satu pasangan calon ini berarti anda punya rasa tanggung jawab untuk bangsa," jelas dia.

Siapa Pandawa Lima?

Pandawa Lima merupakan organisasi relawan pendukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 gabungan dari unsur Bravo-5 dan Cakra-19 binaan Menko Marinves Jenderal TNI (purn) Luhut Binsar Pandjaitan.

Struktur pengurus Pandawa Lima antara lain, Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) berposisi sebagai Ketua Dewan Penasihat Pandawa Lima; Letjen TNI (purn) Eko Wiratmoko selaku Ketua Umum Pandawa Lima; Ryano Panjaitan yang notabene Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) sebagai Sekjen Pandawa Lima.

Siapa Letjen TNI (purn) Eko Wiratmoko?

Eko Wiratmoko merupakan seorang purnawirawan perwira tinggi TNI Angkatan Darat yang berpengalaman pada kesatuan Komandan Pasukan Khusus (Kopassus).

Dia juga pernah menjadi Komandan Pusat Intelijen Angkatan Darat (Danpusintelad), Panglima Kodam XVI/Pattimura (Pangdam XVI/Pattimura), dan Panglima Kodam V/Brawijaya (Pangdam V/Brawijaya).

Eko juga sempat menjabat sebagai Sekretaris Menko Polhukam periode 2015-2016. Saat ini Eko merupakan Ketua Koordinator Bidang Polhukam DPP Partai Golkar.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas