Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kekuatan Cerdas Berbasis Nilai dari Anies Dinilai Tepat Dalam Menghadapi Krisis Global

Dewan Pakar Timnas AMIN tanggapi positif pernyataan Anies mengenai "kekuatan cerdas berbasis nilai" dan komitmen Indonesia menghadapi tantangan global

Editor: Content Writer
zoom-in Kekuatan Cerdas Berbasis Nilai dari Anies Dinilai Tepat Dalam Menghadapi Krisis Global
Istimewa
Pada Sabtu (2/12/2023) Capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan menghadiri acara Foreign Policy Challenge for The Next President dan berbagi gagasan terkait apa yang harus dilakukan ke depan oleh Indonesia menghadapi tantangan global ke depan. 

TRIBUNNEWS.COM - Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) Dr. Fahrus Zaman Fadhly, M.Pd, menyampaikan tanggapan positif terhadap pernyataan Capres Anies Baswedan mengenai "kekuatan cerdas berbasis nilai" dan komitmen Indonesia dalam menghadapi tantangan global.

Pada Sabtu (2/12/2023) Anies menghadiri acara Foreign Policy Challenge for The Next President. Acara dihadiri sejumlah duta besar negara asing, akademisi, hingga anak muda.

Fahrus menganggap bahwa pendekatan ini sangat relevan dan sesuai dengan keadaan dunia yang semakin kompleks.

"Pernyataan Pak Anies sangat tepat dalam konteks saat ini. Indonesia perlu memiliki visi yang jelas dan strategi yang kuat untuk menghadapi tantangan global yang semakin rumit. Konsep 'kekuatan cerdas berbasis nilai' memberikan pandangan yang holistik tentang bagaimana Indonesia dapat berperan sebagai pemain utama dalam diplomasi global," kata Fahrus, Minggu (3/12/2023).

Baca juga: Kreator Konten se-Indonesia Sepakat Kampanyekan Perubahan Bersama Anies-Muhaimin

Ia juga menyoroti pentingnya komponen "nilai" dalam pendekatan ini. "Nilai-nilai seperti demokrasi, hak asasi manusia, keragaman budaya, dan keberlanjutan lingkungan adalah aset berharga yang dimiliki Indonesia. Dengan memasukkan nilai-nilai ini dalam kebijakan luar negeri, Indonesia dapat membangun kepercayaan dan kredibilitas di tingkat global," tambahnya.

Ia juga mengapresiasi fokus Anies pada ekonomi yang adil dan lingkungan yang lestari.

"Ketidaksetaraan ekonomi dan perubahan iklim adalah tantangan serius yang dihadapi dunia saat ini. Dengan memprioritaskan ekonomi yang adil dan perlindungan lingkungan, Indonesia dapat memberikan kontribusi positif dalam mencari solusi global untuk masalah-masalah ini," ucap dosen Universitas Kuningan, Jabar Barat ini.

BERITA TERKAIT

Selain itu, Fahrus menekankan pentingnya diplomasi proaktif dan inklusif. "Diplomasi yang mempromosikan dialog dan kerja sama adalah kunci dalam mengatasi konflik dan mencapai perdamaian. Indonesia dapat berperan sebagai mediator yang efektif dalam berbagai konflik regional dan global," tegasnya. (***Fina***)

Baca juga: Capres Anies Baswedan Paparkan Empat Tantangan yang Dihadapi Indonesia dalam Tantangan Global

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas