Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Denny Indrayana Sebut Telah Damai dengan MK Terkait Dilaporkan Imbas Bocoran Sistem Pemilu

Denny Indrayana menyampaikan MK mencabut laporan terhadapnya di Kongres Advokat Indonesia (KAI), para pihak sepakat mengakhiri perkara secara damai.

Penulis: Ibriza Fasti Ifhami
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Denny Indrayana Sebut Telah Damai dengan MK Terkait Dilaporkan Imbas Bocoran Sistem Pemilu
kolase Tribunews
Mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham), Denny Indrayana (kiri) dan hakim Mahkamah Konstitusi (MK) saat bersidang (kanan). Denny Indrayana menyampaikan MK mencabut laporan terhadapnya di Kongres Advokat Indonesia (KAI), para pihak sepakat mengakhiri perkara secara damai 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Guru Besar Hukum Tata Negara Denny Indrayana menyampaikan, Mahkamah Konstitusi (MK) mencabut laporan terhadapnya di Kongres Advokat Indonesia (KAI).

Denny sebelumnya dilaporkan dugaan pelanggaran etik advokat oleh MK imbas cuitan di Twitter soal bocoran putusan sistem pemilu.

"Hari ini Dewan Kehormatan Daerah Ad Hoc Kongres Advokat Indonesia (KAI) kembali menggelar sidang perkara Nomor: 01/DK.JKT/VIII/2023 dengan agenda pembacaan putusan perdamaian," kata Denny Indrayana, dalam keterangannya, pada Senin (4/12/2023). 

Baca juga: Hakim Arief Hidayat Sebut Uji Formil Denny Indrayana Perlu Dikaji Secara Out of The Box

Para Pihak dalam perkara ini, yakni MK selaku Pengadu diwakili oleh 9 hakim konstitusi dan Denny Indrayana sebagai pihak teradu.

"(Para Pihak) sepakat untuk mengakhiri perkara secara damai," ucap Denny Indrayana.

Ia mengatakan, kedua belah pihak telah sepakat untuk saling menjaga kehormatan, kewibawaan, dan marwah lembaga peradilan, termasuk profesi masing-masing selaku penegak hukum.

"Keduanya juga berjanji untuk terus memperjuangkan negara hukum yang demokratis berlandaskan Undang-Undang Dasar NRI 1945," ucapnya.

BERITA REKOMENDASI

Sementara itu, Denny menjelaskan, Para Pihak telah menempuh upaya perdamaian dengan menunjuk Dr. Tjoetjie Sandjaja Hernanto sebagai mediator, pada persidangan sebelumnya, 23 Oktober 2023 lalu.

Hasilnya, penyelesaian sengketa secara damai tersebut diputus dan dibacakan oleh Majelis Kehormatan Daerah Tingkat Pertama, pada Senin (4/12/2023).

Denny Indrayana bakal dilaporkan MK ke organisasi advokat tempat ia bernaung.
Denny Indrayana. (kai.or.id)

Denny menyampaikan, penandatangan perjanjian perdamaian juga telah dilakukan sebelumnya oleh Para Pihak, pada Senin, 6 November 2023 lalu.

Hingga saat ini Tribunnews.com masih berupaya mengonfirmasi soal perdamaian ini kepada Mahkamah Konstitusi.

Sebelumnya, Denny Indrayana mengungkapkan ia menerima informasi jika MK dalam putusannya akan mengembalikan sistem pemilu menjadi proporsional tertutup.

"Pagi ini saya mendapatkan informasi penting. MK akan memutuskan Pemilu legislatif kembali ke sistem proporsional tertutup, kembali memilih tanda gambar partai saja," tulis Denny di akun Twitter pribadinya @dennyindrayana, Minggu (28/5/2023).

Selain itu, Denny juga mendapatkan informasi jika komposisi putusan yang akan disampaikan majelis hakim konstitusi. Di antara itu, yakni soal akan adanya perbedaan pendapat atau dissenting opinion. 

"Info tersebut menyatakan, komposisi putusan 6 berbanding 3 dissenting," kata Denny.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas